Gizi Seimbang Menuju Hidup Berkualitas - Araaita.com

Breaking News

Monday, 6 April 2015

Gizi Seimbang Menuju Hidup Berkualitas


Klinik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel yang merupakan pusat sarana kesehatan bagi para civitas akademik pada Kamis 26 Maret 2015 mengadakan seminar kesehatan yang bertemakan “Gizi sehat seimbang menuju hidup berkualitas”
Pagi itu, tepatnya hari Kamis (26/03) Klinik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) mengadakan sebuah seminar kesehatan yang bertemakan “Gizi sehat seimbang menuju hidup berkualitas”Seperti yang dijelaskan Dwi Rukmasanti ketua panitia kegiatan tersebut, bahwa acara ini diadakan berangkat dari kasus kesehatan yang ditemukan diklinik UINSA. “Banyak kasus di klinik, mahasiswa itu ndak sarapan, banyak yang pingsan, dan atas dasar itulah kita mengadakan acara seminar ini. Dengan harapan agar para civitas akademik UINSA sadar akan pentingnya menjaga keseimbangan gizi,” tuturnya.
Meskipun acara ini berlangsung dari pukul 07.30 hingga 13.00 tidak mengurangi antusias warga UINSA untuk ikut dalam seminar ini. “Antusias mahasiswa sangat besar, juga dosenya banyak yang datang. Ilmu yang saya sampaikan ini kan bukan ilmu agama, sedangkan semua disini belajar tentang agama, ternyata ilmu gizi yang saya berikan sangat menarik bagi mereka,” jelas Widati Fatmaningrum pemateri seminar kesehatan itu.
 Menurut informasi yang diperoleh crewnew news, jumlah peserta yang mendaftar ada sekitar 400 orang. “Setelah satu minggu pembukaan pendaftaran, kami sudah menerima 400 pendaftar, bahkan kami banyak menolak dikarenakan kuota terbatas,” jelasDwi Rukmasanti selaku ketua panitia.
Widati Fatmaningrum, pemateri seminar kesehatan itu yang juga merupakan ketua bagian IKM-KP Fakultas Kedokteran UNAIR, memberikan banyak materi tentang keseimbangan gizi juga bagaimana gaya hidup yang sehat. Dan salah satu pesan beliau kepada para peserta seminar agar mendapatkan gizi yang seimbang adalah agar kita menjaga dan sering memantau berat badan kita. “Orang makan itu harus beragam dan seimbang. Jaga berat badan ideal, makan tidak boleh lebih juga tidak boleh kurang. Harus dipantau terus apakah berat badan kita masih ideal,paling tidak satu bulan sekali. Kalau berat badan meningkat, segera menurunkan energi makanan, kalau kurang ya makannya harus ditambah,” jelas Widati didepan peserta seminar.
Ketika crew new news mewawancarai pemateri, beliau juga berbagi tips kepada kita semua bagaimana cara untuk menjaga daya tahan tubuh pada cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. “Untuk menjaga daya tahan tubuh dimusim seperti saat ini, yang kadang hujan lalu panas dan sebaliknya, utamanya harus makan sumber Oksidan, makanan yang tinggi Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, selain itu juga harus tinggi Protein,” jelas wanita yang sedang memakai baju putih itu.
Elok Rosyidah Mahasiswi Pendidikan Matematika menyatakan bahwa acara ini sudah bagus namun masih ada kekurangan. “Acara ini sudah cukup baik, tapi banyak yang pendaftar yang tidak hadir diacara ini. Saya sendiri tadi tidak daftar mala disuruh panitia buat ngisi absensinya orang lain,” jelas mahasiswi Fakultas Tarbiyah.
Elok juga menambahkan tentang harapannya setelah mengikuti acara seminar kesehatan ini. Dia berharap agar wawasannya bertambah, dan dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-harinya.  “Setelah mengikuti seminar ini saya berharap wawasan saya bertambah, khususnya wawasan tentang dunia kesehatan. Juga saya berharap agar teman-teman sadar bagaimana gizi yang seimbang dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-harinya,” tambah wanita berpostur sedikit gemuk itu.
Begitu juga dengan Indi Mahasiswi jurusan Psikologi, setelah mengikuti acara ini pengetahuannya dalam dunia kesehatanpun menjadi bertambah. “Setelah mengikuti acara ini saya mendapatkan banyak tambahan ilmu tentang kesehatan, tentang bagaimna gizi yang seimbang itu, dan bagaimana cara menjaga berat badan yang ideal,” tutur Indi.

Indi juga menambahkan tentang harapan kedepan untuk acara seperti ini. Dia berharap agar acara sepeti ini lebih sering diadakan. “Saya berharap acara seperti ini lebih sering lagi diadakan, karena sangat bermanfaat bagi para mahasiswa. Kebetulan di UINSA ini masih jarang ada seminar kesehatan semacam ini,” tambah Indi.

No comments:

Post a Comment