Jadwal Kuliah Kurang Tertata - Araaita.com

Breaking News

Tuesday, 21 April 2015

Jadwal Kuliah Kurang Tertata

        Dalam masa perkuliahan dimana pun itu tempatnya, tentu kita kenal dengan suatu hal yang mengatur kapan dan dimana kegiatan belajar mengajar akan berlangsung, itulah jadiawal perkuliahan yang mengikuti aturan-aturan yang ditentukan oleh pihak yang kompeten dalam ranah itu yakni pihak Akademik. Peran jadwal kuliah sangat urgen (Penting) bagi mahasiswa untuk mulusnya jalan perkuliahan, maka dari itu instansi terkait harus bias berhati-hati dalam penetapan jadwal kuliah yang ada. Dalam hal ini, pihak dosen wali juga harus bias korektif dan evaluatif saat mahasiswa meminta validasi data atau persetujuan mata kuliah.
Itu dilakukan untuk menghindari kebingungan mahasiswa dikemudian hari. Seperti kebingungan mahasiswa ketika dihadapkan dengan matakuliah yang berbenturan (Kres), itu juga pada akhirnya dapat membuat mahasiswa dirugikan. 
Jika hal diatas diabaikan, satu mata kuliah yang berbenturan (Kres) dengan mata kuliah yang lain. Maka seperti matarantai efeknya mahasiswa tidak akan pernah lepas dari yang namanya tidak hadir (Alpha), seharusnya hal yang sepert itu bisa diantisipasi oleh pihak yang mengurusi terhadap jadwal perkuliahan yang ada, yaitu bagian Akademik, dan nantinya dari pihak Akademik melakukan pengawasan dan memantau terkait jadwal kuliah, sehingga mata kuliah yang berbenturan dapat diantisipasi dengan baik dan nantinya menemukan solusi yang menghasilkan jalan yang terbaik untuk memecahkan persoalan yang ada.
Akan tetapi kenyataannya, justru jadwal kuliah yang kurang tertata dengan baik tanpa adanya pemantauan dari pihak akademik. Akibatnya efek yang negatif tidak bisa dihindarkan, seperti kuliah sampai malam, adanya mata kuliah yang berbenturan dan bahkan membuat mahasiswa kebingungan dengan jadwalnya sendiri. Maka dari itu perlu adanya solusi terkait hal tersebut, yang mana nantinya semua permasalahan dapat terantisipasi dengan baik. Adapun solusi-solusi yang cocok untuk hal itu ialah adanya kerjasama antara mahasiswa dan bagian akademik terkait jadwal kuliah, mengantisipasi adanya kuliah malam, sosialisasi dengan dosen, memaksimalkan ruangan yang ada, dosen tidak merubah jadwal secara sepihak melainkan meminta persetujuan dari mahasiswa sebelum mengambil kebijakan dan memantau jadwal-jadwal kuliah yang berbenturan dan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan oleh mahasiswa, sepertihalnya: Alfa, Kres, ketinggalan pelajaran, informasi dan hal-hal lain yang juga menimbulkan efek negatif.
Apabila semua hal tersebut sudah direalisasikan dengan baik, tentu masalah-masalah yang ada diatas akan terpecahkan dan kebingungannya mahasiswa juga akan terkurangi yang mana mahasiswa tidak hanya memikirkan tentang jadwal kuliah saja, akan tetapi banyak kewajiban-kewajiban yang lain sepertihalnya ikutorganisasi, ukm, ukk, dan lain-lain sebagainya.