Mahasiswa ILPOL Enggan Kuliah Malam - Araaita.com

Breaking News

Monday, 6 April 2015

Mahasiswa ILPOL Enggan Kuliah Malam

Perkuliahan malam di fisip banyak menuai protes dari mahasiswa karena dianggap menyalahi kebijakan akademik

Surabaya (01/03)sedikit mahasiswa Ilmu Politik yang mengikuti  proses perkuliahan pada malam hari. Pasalnya waktu setelah maghrib merupakan waktu yang  rawan bagi mahasiswa untuk pulang kerumah atau ke kos-kosannya, ditambah lagi waktu tersebut dirasa mipet dengan waktu sholat isyak. Sehingga itulah yangmembuat mahasiswa akhirnya merasa malas untuk mengikuti perkuliahan malam.
Terbukti tidak sedikit dari mahasiswa Ilmu Politik yang mengeluhkan rasa keberatan dan kekecewaannya, karena dari awal mereka sudah tahu bahwa sebenarnya waktu kuliah hanya reguler dan tidak sampai malam. Hanya saja jadwal kemudian berubahatas  permintaan dosen yang mengajukan perubahan jadwal kuliah kepada mahasiswanya. Seperti yang diungkapkan uday mahasiswa Prodi ilmu poitik, “jadwal awalnya siang tapi dosennya minta dirubah ke malam” pungkasnya.
Uday juga menambahkan komentarnya bahwa ia dan teman-temannyakeberatan karena waktu untuk istirahat dan mengerjakan tugas tersita hanya untuk kuliah malam. Menurut keterangannya ada dua mata kuliah yang dilaksanakan pada malam hari. Diantaranyaenglish for political science dan mata kuliahHadits Siyasah. Alasan dilaksanakannya kuliah malam untuk mata kuliah Hadits Siyasah,karena dosen pengampu materi tersebut  terlalu sibuk, banyak kegiatan seperti workshop dan lain sebagainya,  sehingga tidak sempat masuk di siang hari. Diakhir wawancara ia juga menyebutkan bahwa dari awal masuk kuliah malam hanya separuh mahasiswa yang masuk dari 22 jumlah total mahasiswa ilmu politik semester II.
Selain itu, Zaen At-thoriq  salah satu mahasiswa ilmu politik mengatakan adanya jadwal kuliah malam sangat dinilai tidak efektif jika dibandingkan dengan kuliah pagi atau siang hari. karena waktu itu banyak mengundang kantuk dan rasa malas untuk mendengarkan apa yang dijelaskan oleh para dosen, “biasa mas, waktu malam kan, rawan dengan kantuk sehingga fokus untuk mendengarkan materi pecah” ungkapnya saat diwawancarai crew new news.Pihaknya juga berharap agar jadwal kuliah malam segera diganti ke jam-jam lainnya di pagi atau siang hari agar  lebih efektif dan mahasiswa banyak yang ikut serta.

Menanggapi hal diatas, Moh Farid selaku pegawai dibagian Akademik mengatakan bahwa pihaknya sudah memberikan jadwal tetap kepada para dosen, yaitu kuliah siang. Tetapi, dosen diberi hak untuk melakukanperubahan jadwal selama melakukan kontrak kerja dengan para mahasiswanya, “kalau sama-sama sepakat antara dosen dan mahasiswa, ya, monggo-monggo saja gak ada masalah. Tetapi, bukan berarti kami memberi wewenang kepada dosen untuk merubah jadwal begitu saja” ungkapnya di akhir wawancara dengan kami (crew new news). (Umam)

No comments:

Post a Comment