Fakultas Ushuluddin Harapkan Mahasiswa Bernalar Kritis. - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 27 August 2015

Fakultas Ushuluddin Harapkan Mahasiswa Bernalar Kritis.

“Sebagai fakultas yang terkenal sebagai fakultas para pemikir, dalam pembukaan masa orientasi study pengenalan kampusnya (OSPEK) memberikan motifasi dan semangat untuk mahasiswa baru, agar mampu bernalar kritis, intelektual serta berpegang teguh pada Ideologi”
Pembukakan Orientasi Study Cinta Akademik dan Almamater (OSCAAR) di Fakultas Ushuludin berjalan dengan sangat sederhana, namun di balik kesederhanaan itu tersimpan sejuta motifasi untuk mahasiswa baru (Maba).
pembukakan OSCAAR yang di mulai dengan sambutan dari perwakilan Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin yang bernama Hidayah, tidak memakai rangkaian acara yang terlalu panjang, berbeda dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang pembukaannya disertai pelepasan balon dan istighosah bersama, atupun Fakultas Tarbiyyah yang membuka OSCAAR dengan cara memukul Gong, fakultas usuluddin lebih sederhana.
Dalam pembukakan itu DEMA Fakultas Ushuluddin mengatakan bahwa Fakultas Ushuluddin adalah fakultas para pemikir, oleh sebab itu MABA Ushuludin harus memiliki mental kritis dan berintelektual serta mampu mempertahankan Ideologinya. “Mahasiswa Ushuludin harus menjadi mahasiswa yang intelek, kritis dan tidak terdoktrin mahasiswa usshuluddin harus mampu mempertahankan ideologinya, ideologi harga mati, mahasiswa ushuluddin harus bernalar kritis,” begitulah isi pidato yang di sampaikan oleh hidayah.
Selain perwakilan dari DEMA, dekan usshuluddin juga memberikan motifasi yang dapat membangun semangat belajar MABAnya, beliau menuturkan bahwa Lulusan Fakultas Ushuludin bisa menjadi lebih dari seorang guru tapi Fakultas Usshuludin mampu menjadi pemikir yang hebat.
“mahasiswa ushuludin bisa jadi apapun,  dengan melanjutkan kuliah keguruan dua tahun setelah lulus dari ushuluddin bisa langsung menjadi guru, mahasiswa ushuluddin juga mampu menjadi pemikir yang hebat” tutur Dekan Fakults Ushuludin dalam pidatonya saan pembukaan OSCAAR.
Sama halnya dengan Dekan Fakultas Ushuludin, Prof. Dr. Ikhwanul Mukarrom.MA selaku perwakilan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Pro.Dr. Abdul A’la M. Ag yang kebetulan sedang berhalangan untuk hadir pada pembukaan OSCAAR pada waktu itu, juga memberikan motifasi dan semangat untuk mahasiswabaru.
Dalam pidatoya, beliau menceritakan tentang dirinya yang suka benalar kritis dan memiliki kebebasan untuk berfikir.Ia pun menceritakan tentang dirinya yang lebih suka tertarik dengan jurusan aqidah filsafat dengan kebebasan berfkirnya. Beliaupun menghimbau pada MABA untuk terus berfikir secara bebas  untuk melatih berfikir kritis mereka.
“berfikir kritis itu akan membawa kita ada cara berfikir yang bebas, berfikir bebas itu kepas dan tak lagi meginjakan kaki di bumi,”  ucapannya dalam pidato di Fakultas Ushuludin pagi itu. *(luk) 


No comments:

Post a Comment