Jelang OSCAAR, MABA mengikuti Banyak Kegiatan - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 27 August 2015

Jelang OSCAAR, MABA mengikuti Banyak Kegiatan

Ketika matahari mulai tinggi dan suhu udara Surabaya mulai panas, terlihat kerumunan anak berseragam sekolah SMA se-derajat, dari berbagai daerah berkumpul dan memenuhi Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Mereka berhamburan disekitar fakultas guna menunggu instruksi dari panitia pelaksana Technical Meeting (TM) untuk mempersiapakan Orientasi Studi Cinta Akademik dan Almamater (OSCAAR) yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 agustus 2015 mendatang. 
Hal yang sama terjadi pada mahasiswa baru di setiap fakultas,mereka bergerumbul bak sedang mengantri sembako. Walaupun semua fakultas mengadakan TM untuk pembekalan, tapi pelaksanaannya tidak pada jam dan hari yang sama. Pembekalan yang diberikan pun berbeda-beda, seperti di Fakultas Dakwah yang mewajibkan Mahasiswa Barunya (MABA) menggunakan seragam sekolah dari daerah asalnya, dengan tujuan agar tetap mengingat sekolah asalnya. Sedangkan di fakultas yang terhitung baru seperti Fakultas SainsDan Teknologi memakai qiro’ah dan pengenalan pejabat fakultas.
Banyak pula cara membangun emosional yang erat antara sesama mahasiswa baru satu dengan yang lain, atau dengan panitia OSCAAR. Seperti Fakultas Adab Dan Humaniora yang memakai TM sampai dua kali untuk pembinaan OSCAAR. Dalam TM, mahasiswa baru Fakultas Adab dan Humaniora diinstruksikan untuk membuat sebuah karya dengan bahan dasar sterofoam yang akan dipresentasikan pada hari ke dua OSCAAR.
Bukan hanya TM yang dilaksanakan dua kali, tapi mahasiswa baru Fakultas Adab juga di anjurkan mengikuti acara bedah buku yang akan dilaksanakan tanggal 30 Agustus mendatang. “Ada bedah buku yang berjudul Bangsa Gagal dengan tujuan agar MABA bisa lebih nasionalisme,” ucap izah, mahasiswa baru Fakultas Adab Dan Humaniora ketika diwawancarai oleh Crew New News Ara Aita.Selain karya dan bedah buku, Fakultas Adab Dan Humaniora juga menempatkan acara bakti sosial yang pada tahun-tahun sebelumnya dianjurkan bagi MABAnya untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan per satu orang, maka pada tahun ini Fakultas Adab mengonsep baksos secara berkelompok.
Di sudut kampus yang lain, terlihat beberapa kelompok mahasiswa baru sedang bergerombol di depan gedung Auditorium................ Kelompok-kelompok yang membentuk berisan memanjang memasuki gedung itu, bertujuan untuk mengikuti acara seminar yang diadakan oleh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan tema membumikan aswaja untuk mencegah paham radikalisme.
Masing-masing Fakultas memiliki gayanya sendiri dalam memberi pengarahan sebelum OSCAAR.Ada juga beberapa kegiatan yang tidak terduga ketika OSCAAR diadakan, seperti mahasiswa baru yang tumbang ketika hari pertama Technical meeting. “Ada anak yang tidak sadarkan diri ketika hari pertama TM kemungkinan dia terserang dehidrasi,” tutur affah, salah satu panitia bagian kesehatan OSCAAR Fakultas Dakwah dan Komunikasi semester 5.
Tapi ada juga yang sampai H-1 masih membungkam dan tidak mau mengutarakan tema atau apapun yang bersangkutan dengan pelaksanaan OSCAAR tanpa ada alasan yang jelas. Pihak yang bersangkutan hanya memilih bungkam dan tidak mengungkapkan apapun ketika ditanya oleh crew new news ara aita.



No comments:

Post a Comment