Mahasiswa Baru Minati Karya Tulis Ilmiah - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 27 August 2015

Mahasiswa Baru Minati Karya Tulis Ilmiah

“UKM/UKK hadir ditengah-tengah mahasiswa baru, sebagai penunjang bakat dan minat”
Telah digelar pembukaan masa orientasi study cinta akademik dan almamater (Oscaar) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) pagi tadi (26/08), yang bertepat di masing-masing fakultas. Semua mahasiswa baru (maba) diwajibkan mengikuti masa ini, karena dengan semua ini maka maba akan diantarkan memahami dunia akademisi yang akan mereka temui dikemudian hari. Sebagaimana yang dikatakan oleh salah satu panitia pelaksana “semua itu semata hanya ingin mempermudah proses maba dalam mengenal dunia kampus,” papar Rivqi Fakultas Adab dan Humaniora.
Antusias maba terlihat sekali dalam pembukaan oscaar, terlebih yang terjadi di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi (FDK), mereka bersorak riang menjalani proses demi proses  yang sudah ditentukan. Anggapan tersebut muncul dari pemikiran maba sendiri, yang memprediksikan bahwa semua teman-teman maba pasti merasakan yang ia rasakan. “Dengan semangat dan percaya diri kami tenggelam dalam suasana, apalagi usai pembukaan langsung disambung dengan istighosah,” ujar maba dari program study managemen dakwah itu.
Setelah pembukaan Oscaar FDK 2015’ berjalan sebagaimana seharusnya, ada moment lain yang juga menjadi topic hangat maba. Yakni pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK) baik dari pihak universitas dan dari pihak fakultas setelah dikenalkannya Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan para jajarannya. Adanya UKM dan UKK disini sebenarnya hanya ingin memberi wadah bagi mahasiswa yang berminat. Serta adanya UKM dan UKK disini sangat membantu dalam hal pengembangan bakat dan minat yang dimiliki maba. Maba yang berminat bisa turut bergabung dengan UKM dan atau UKK yang dituju, asal maba mau bergabung dengan mereka. “Cukup ikuti saja prosedur yang ada, daftarkan diri kalian jika memang kalian ingin bergabung dengan kami,” salah satu ajakan agen mapalsa dengan bahasa ajakan.
 Sejalan dengan semua ini, hampir banyak kesamaan antara UKM ataupun UKK yang sebenarnya mempunyai tujuan yang sama, namun menggunakan penempuhan jalan yang berbeda. Seperti Lpm Solidaritas dari UKK Universitas, yang hampir sama dengan Lpm Ara Aita milik FDK, yang diantara keduanya itu sama-sama mewadahi dibidang jurnalistik atau tulis menulis. “Lpm Solidaritas dan Lpm Ara Aita sama-sama pers. Akan tetapi tingkat universitas dan fakultas saja yang membedakan,” tanggap azizah program studi (prodi) Komunikasi penyiaran islam (KPI).

Bahkan ada juga pihak lain yang bukan termasuk UKM ataupun UKK, yang ikut turut mempromosikan produknya. Jurnalkpi dan RTV, keduanya adalah produk milik prodi KPI. Karena banyaknya UKM/UKK yang sama-sama, menjadikan maba harus pintar-pintar memilih. Sebagaimana komentar maba asal lamongan yang merasa kebingungan harus daftar UKM/UKK mana? “Semua dikenalkan, banyak sekali yang berbesik karya tulis, sehingga saya bingung hendak memilih yang mana pada setiap unit yang promosikan,” ungkap salah satu maba FDK yang minat akan tulis menulis.*(Ish)

No comments:

Post a Comment