Sebagian Fakultas Enggan Bocorkan Tema OSCAAR - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 27 August 2015

Sebagian Fakultas Enggan Bocorkan Tema OSCAAR

Berbagai persiapan telah dipersiapkan oleh panitia OSCAAR, begitu juga dengan tema yang akan diangkat dalam pelaksanaan OSCAAR tersebut.  Sebagian  fakultas pun tutup mulut ketika ditanyai perihal tema OSCAAR. Seperti Fakultas Ushuludin, Tarbiyah, dan Saintek, beberapa panitia melarang keras media untuk meliput TM (technical Meeting) fakultasnya. Karena tidak mau temanya bocor sebelum  pelaksanaan OSCAAR. Pasalnya pada tahun lalu di Fakultas Ushuludin, pihak panitia pernah kecolongan oleh media,  nama baik fakultas bahkan universitas pun ikut tercemar. Karena sedikitnya pengetahuan yang ditangkap oleh wartawan, sehingga menimbulkan persepsi yang salah terhadap tema yang diangkat. Akibatnya pelaksanaan OSCAAR tahun ini lebih protektif. Tak jauh berbeda dengan Fakultas Saintek yang masih baru itu, juga melarang keras media untuk meliput atau hanya sekedar mengambil gambar.Pasalnya fakultas tersebut juga menambahkan panitia dari fakultas tarbiyah.  Karena semua panitia berasal dari semester tiga, jadi sebagai gantinya mereka mengambil panitia SC (Strearing Commite) dari fakultas tarbiyah.
Walaupun demikian masih ada beberapa fakultas yang mau terbuka terhadap media. Bahkan tema yang akan diangkat pun sudah dipampang jauh-jauh hari di depan fakultasnya. Seperti fakultas Adab dan Dakwah, “Temanya sudah dipasang di bannerketika pendaftaran OSCAAR, sengaja agar di baca mahasiswa baru(MABA)”, ujar salah satu panitia OC(Organizing Commite)fakultas DakwahYakni ‘AKIK DAKWAH’ (Akademisi Kreatif Institusi Kolaboratif Dahsyatnya Kedudukan Mahasiswa). Tema tersebut  diselaraskan dengan atribut yang dipakai peserta OSCAAR. Para MABA pun diwajibkan memakai akik berwarna merah, yang mana warna tersebut identik dengan fakultas dakwah. Sama halnya dengan fakultas Adab yang sudah memajang tema di atas gedung fakultasnya.‘KOPI JAHE’, yang filosofinya juga sudah dipaparkan oleh panitia.Kopi yang merupakan kolaborasi antara rasa pahit dan manis diartikan dengan jatuh bangunnya perjuangan kehidupan. Dan nantinya perjuangan itu melebur dalam hangatnya kebersamaan seperti JAHE.

Selain itu Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau lebih akrab disebut FEBI itu juga bersedia memaparkan tema OSCAARnya di depan media, ‘Menyongsong MEA’ tema tersebut merupakan tema yang diusulkan oleh pihak rektorat, karena hangatnya isue yang beredar mengenai hadirnya MEA di tahun 2015. “Kebetulan tema yang dipilihkan pihak rektorat sesuai dengan fakultas kami Ekonomi Bisnis Islam,” ungkap Iqbal Choiri selaku ketua OC FEBI. Kemudian di fakultas Syariah OSCAARnya bertema ‘Anomali Teori terhadap Praktekum Hukum di Indonesia’. “Persiapan OSCAAR sudah kita matangkan selama tiga bulan terakhir, sebenarnya kami tidak terlalu memprioritaskan tema, kami lebih memantapkan konsepnya,” jelas Afif selaku gubernur Fakultas Syariah dan Hukum. Fakultas Ilmu Politik dan Sosiologi (FISIP) juga memaparkan temanya yaitu ‘PUNAKAWAN FISIP Menciptakan Mahasiswa Skeptis di tengah Masyarakat Hedonis’, “kurang lebih seperti itu sebelum ada perubahan, papar Ariel mahasiswa jurusan Ilmu Politik.

No comments:

Post a Comment