Sejarah lebih penting - Araaita.com

Breaking News

Saturday, 29 August 2015

Sejarah lebih penting

Atribut Sudah Menjadi Budaya Saat orientasi study cinta akademik dan almamater (Oscaar) Berlangsung  namun yang terpenting lagi mengetahui filosofinya.

Tidak asing lagi bagi Setiap mahasiswa baru yang mendengar kata atribut atau peralatan yang seharusnya di bawa ketika Oscaar,  sampai  sejauh ini masih di gunakan sebagai  peralatan pada saat Oscaar dan juga sebagai simbol para orang terdahulu untuk di jadikan sebuah leluhur  tua.  Namun ketika di gunakan  dalam sebuah kampus maka simbol ini  biasanya di gunakan oleh kegiatan-kegiatan seperti ketika Oscaar universitas dan fakultas yang sampai sekarang ini masih tetap berlangsung.
Dalam hal tersebut, mengenai  Peraturan Atribut di dalam fakultasnya masing-masing. Sepeti Dakwah dan Komunikasi, mereka panitia mengkonsep sebaik mungkin dengan mengkolaborasikan tema yang sangat menarik yakni  “Akik Dakwah (Akademi Kreatif Institusi Kolaboratif ) Dahsyatnya Kedudukan Mahasiswa”  simbol dari fakultas dakwah dan komunikasi berwarna merah  yang menjukkan keberanian. Kemudian cocard di tahun ini juga berbeda dengan tahun lalu, di tahun ini panitia menkonsep dengan bentuk perisai dengan alasan bahwa warna kuning dan orange menandakan semangat yang membara seperti api yang tak bisa di padamkan.
Tidak jauh berbeda dengan fakultas  baru yakni psikology, atribut yang di pakai saat oscaar seperti topi yang menandakan sebagai bentuk kepemimpinan, dasi sebagai jiwa ke akademisi , hem sebagai orang yang bijaksana, tas putih sebagai kesehatan , cocart, dan kerudung . dari beberapa atribut yang sudah di sebutkan memang  sangat cocok dengan tema yang mereka angkat  dan para panitia berusaha mencoba untuk mengkolaborasi antara keislaman dan ilmu umum sehingga akan menjadikan mahasiswa yang bersifat ulul albab. “ungu sebagai lambang psikology, kami berusaha untuk memaparkan secara gamblang kepada mahasiswa baru tentang pengenalan dengan teman, fungsi kuliah sebagai agent of change, selain itu dibentengi dengan ahlak yang terpuji  dzikir, fikir,amal sholeh (ulul albab).” Ujar ketua SC Psikology.
Berbeda jauh dari kedua fakultas tersebut , febi sebagai fakultas ekonomi bisnis atribut yang mereka yang di gunakan berwarna ungu tua sebagai lambang, dari tema Oscaarnya sendiri para panitia belum tahu namun dari pihak rektorat memberikan usulan kalau tema Oscaar pada tahun 2015 ini berjudul menyongsong MEA. Adapun tema ini juga di dukung oleh dekan fakultas febi untuk mendirikan sebuah stand perdagangan bagi mahasiswa baru sekaligus praktik berdagang , agar nantinya mahasiswa baru mempunyai bekal ketika sudah kerja lapangan, “saya dengan kelompok saya menjual sebuah pernak-pernik berupa bross dari pita, untuk praktik oscaar jikalau nanti sudah laku semua maka kita akan membangi hasil” ujar salah satu (maba) febi yang sedang tawar menawar.
Selanjutnya fakultas syari’ah dan hukum yang merupakan fakultas tertua di antara fakultas yang lainnya, dari atribut sudah dari dahulu fakultas syari’ah berwarna hitam, berlogo dengan gambar timbangan namun tidak bisa di pungkiri bahwa di fakultas ini  mereka akan mempraktikan secara detail mengenai hukum peradilan islam saat oscaar berlangsung.  Adapun tema dari fakultas syari’ah dan hukum yakni  “anomali hukum antara toeri dan praktik hukum di indonesia”.  Sedangkan di fakultas tarbiyah ketika di wawancarai oleh crew new news  panitia membatasi untuk di liput dan pesannya yang terakhir yakni tidak boleh meliput hal-hal yang jelek. *(Lin)


No comments:

Post a Comment