Show of Force UKM & UKK, MABA Antusias - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 27 August 2015

Show of Force UKM & UKK, MABA Antusias

“Promosi yang dilakukan oleh UKM dan UKK telah berlangsung  disetiap fakultas dengan diwarnai sorak sorai mahasiswa yang antusias mengikuti proses promosi”

Perkenalan mahasiswa baru terhadap sebuah perguruan tinggi memang sudah menjadi kewajiban suatu institusi terhadap mahasiswa barunya. Kegiatan ini dilakukan agar setiap mahasiswa baru mampu mengenal lebih dekat tentang dunia kampus yang sesungguhnya. Kegiatan yang akrab dikenal dengan sebutan OSPEK (Orientasi Studi Pengenalan Kampus)  ini bisa memberikan referensi atau pengenalan seorang mahasiswa baru tentang kondisi sebuah perguruan tinggi. Dalam proses OSPEK yang dilaksanakan oleh kampus ini memberikan banyak pengetahuan bagi mahasiswa baru tentang berbagai macam informasi kegiatan yang ada di dalam kampus. Dari pengenalan tentang proses belajar yang diterapkan dalam sebuah institusi tersebut, juga ada pengenalan tentang kegiatan yang ada dalam kampus yang menunjang bakat dari setiap mahasiswa.
Sejalan dengan proses pengenalan kegiatan kampus tersebut, di dalamnya mengandung promosi sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK). Banyak anggota UKM dan UKK yang mempromosikan kegiatan yang rutin mereka jalani dengan cara mereka masing-masing. Ada yang mempromosikannya dengan cara yang unik dan berbeda, namun ada juga yang memperkenalkannya dengan acara yang biasa. Tanpa disadari oleh para anggota UKM dan UKK yang melakukan promosi, bahwa menariknya cara untuk promosi kegiatan mereka juga bisa membuat mahasiswa baru bisa memilih apa yang ditawarkan tanpa berfikir panjang. Menariknya sebuah promosi juga akan menambah semangat dalam diri, yang terlihat dari sorak sorai mahasiswa ketika disapa oleh anggota UKM dan UKK.
Dari sekian banyak mahasiswa yang ditemui oleh crew New news mereka mengungkapkan bahwa promosi yang dilakukan oleh setiap UKM dan UKK ada yang menarik ada yang biasa saja. “Menarik sih, saya suka, tapi ada juga yang biasa saja, tapi yang terakhir- terakhir tadi menarik semua saya suka”, ungkap mahasiswa baru jurusan KPI. Dengan cara promosi yang berbeda dan menarik dari yang lain bisa membuat mahasiswa baru tertarik untuk mengikuti kegiatan mereka. Selain cara promosi yang menarik dari setiap UKM dan UKK, prestasi yang diperoleh UKM dan UKK juga bisa menjadi salah satu faktor mahasiswa baru tertarik dengan kegiatan tersebut. Salah satu dari UKM tersebut merupakan paduan suara yang sudah terlihat prestasinya sampai ke Negara tetangga, hal itulah yang juga menjadikan mahasiswa lebih tertarik dengan paduan suara seperti yang diungkapkan oleh Tika mahasiswa baru KPI, “Paduan suara kan sudah pasti banyak memberikan prestasi yang jelas”, ungkap mahasiswa baru tersebut dengan memperlihatkan raut wajah bahagia.
Kedua faktor tersebut memang mendukung terpilihnya sebuah UKM dan UKK menjadi pilihan mahasiswa baru, namun faktor yang lebih menentukan mahasiswa memilih sebuah UKM dan UKK berdasarkan minat dan bakat mereka yang sudah ada sebelumnya. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu mahasiswa baru jurusan PMI, “saya tertarik dengan Mapalsa, karena dengan ikut mapalsa saya bisa jalan-jalan kemana pun”, ungkap perempuan berkerudung hitam yang duduk dikursi. Dari pengakuan salah satu mahasiswa bisa dilihat bahwa sebuah minat dan bakat dalam diri seseorang yang juga menentukan keinginan mahasiswa untuk bergabung disalah satu kegiatan yang ada di kampus.*(Dil)



No comments:

Post a Comment