5 Gejala Stres Saat Kuliah - Araaita.com

Breaking News

Monday, 30 November 2015

5 Gejala Stres Saat Kuliah

Araaita.com - Dunia akademisi sering kali membuat mahasiwa harus berfikir keras tentang pelajarannya, beban-beban belajar yang cukup tinggi hampir setiap hari dirasakan oleh mahasiswa, apalagi dalam kuliahnya dosen selalu memberikan tugas secara bergiliran dan tanpa henti, hal ini pun membuat mahasiswa kehilangan waktu untuk beristirat dengan baik, akibatnya tanpa disadari mahasiswa pun mengalami gejala-gejala stres dalam perkuliahannya.
                Stres bukanlah lagi hal yang gawat, Seorang Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) di UIN Sunan Ampel mengatakan, bahwa stres memang bagian dari belajar. “Orang yang stres berarti dia sedang berfikir,”ucap Ninin selaku Dosen FDK ditengah perkuliahan berlangsung. Menurut ahli Psikologi yang bernama Kelliat di tahun 1998, stres adalah realitas kehidupan yang terjadi setiap hari dan tidak dapat dihindari, disebabkan oleh perubahan yang memerlukan penyesuaian.
                Ciri-ciri gejala stres yang pertama adalah kebiasaan mahasiswa mencoret-coret segala sesuatu tanpa tujuan, fenomena ini biasanya sering terjadi didalam kelas saat perkuliahan tengah berlangsung, biasanya mahasiswa sering mencoret-coret buku, kertas bahkan bangku tempat duduk mereka. Ciri-ciri yang kedua adalah memainkan pena dengan jari-jari tangan mereka, biasanya mereka sering kali memutar-mutarkan  pena mengelilingi jari, mengayun-ayunkan pena, bahkan memainkan pena hingga bersuara.
                Ciri-ciri yang ketiga, mengayun atau menghentakkan kaki, hal yang tak bertujuan satu ini memang tak banyak dikerjakan oleh mahasiswa, namun sesekali dalam perkuliahan hal ini pasti terjadi. “orang yang stres biasanya suka melakukan hal-hal yang tidak bertujuan,” sambung Ninin dalam ketika berbicara di dalam kelas, begitu pula ketiga pekerjaan tanpa tujuan yang termasuk efek dari stres yang terjadi pada individu mahasiswa.
                Berlanjut pada ciri-ciri yang nomer empat, mahasiswa stres juga dapat terlihat dari tingkahnya yang suka berbuat jail terhadap temannya di saat perkuliahan sedang berlangsung, Stres tingkat ini tidak dapat dicegah, bahkan kemarahan dosenpun tidak akan mampu mencegahnya. Dan yang terakhir ciri stres yang kelima yakni berbicara ngelantur saat dosen sedang menerangkan materi. Kedua ciri stres ini gejala yang paling fatal, sebab gejala ini akan menganggu konsen belajar mahasiswa lainnya dalam perkuliahan.*(Ish)

1 comment: