Dalam Rangka Climate Day, Lomba Poster diminati Mahasiswa UINSA - Araaita.com

Breaking News

Wednesday, 23 March 2016

Dalam Rangka Climate Day, Lomba Poster diminati Mahasiswa UINSA

Dok. Islah/Arta

Araaita.com – Rabu, (23/16/2016)  salah satu jurusan di UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) turut memperingati hari iklim dunia, hari yang sering disebut dengan Climate day itu dirayakan dengan berbagai rangkaian acara, salah satunya adalah lomba poster bertemakan “Kerusakan Lingkungan”, lomba yang di motori oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HI) itu bertajuk “Kesadaran Masyarakat Surabaya Terhadap Lingkungan”.
Lomba ini ternyata mampu menarik perhatian mahasiswa UINSA, hal ini terbukti dengan membludaknya kuota peserta, kuota peserta yang awalnya diperuntukkan hanya untuk 30 mahasiswa UINSA, akhirnya pun membludak menjadi 40 Peserta baik dari UINSA maupun umum. “Tiga hari pertama pendaftaran di buka, sudah 30 peserta yang daftar, akhirnya teman-teman FNF publis juga untuk umum,” jelas Dias selaku panitia acara.
Bermula dari isu lingkungan yang merupakan kajian penting dalam wacana global, dosen-dosen HI kemudian bekerjasama dengan Friedrich Nauman Foundation (FNF) untuk acara tersebut. “Isu lingkungan merupakan isu yang sangat kursial dan berpengaruh pada standarisasi di bidang kesejahteran, politik, sosial secara global,” lanjut Dias.
            FNF bukan hanya bekerjasama secara pasif dalam acara ini, mereka juga berperan aktif sebagai juri dalam perlombaan, untuk menilai perlombaan poster kali ini mereka memiliki beberapa kriteria, diulai dari tema, keriteria kampus, niat peserta dalam mengikuti lomba, dan kemudian aplikasi yang digunakan oleh peserta. “Kita lihat dari kriterian kampusnya, kemudian aplikasinya dan tetap pada perubahan iklim,” jelas Putri  Putri salah seorang anggota FNF itu.

Sebagai salah satu non goverman organisation (NGO) Internasional yang berkantor di Jakarta, FNF memang bergerak dalam bidang lingkungan, pada hari iklim di tahun ini mereka menitik beratkan perhatian mereka pada pemuda di 15 kampus pada 10 kota di Indonesia, salah satunya di UINSA ini. “Ini merupakan program kami yaitu Climate Day, fokus kita adalah anak muda yang paham tentang perubahan iklam dan kemudian men-campion-kannya,”  tutur Putri aktivis lingkungan dari Jakarta itu. *(Islah/Arta)

No comments:

Post a Comment