LPM Arrisalah Gelar Seminar Tentang Undang-Undang Hukum Pidana - Araaita.com

Breaking News

Wednesday, 30 March 2016

LPM Arrisalah Gelar Seminar Tentang Undang-Undang Hukum Pidana

Dok. Rag/Alamtara

Araaita.com -  Selasa, (29/03/2016) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Arrisalah yang merupakan Unit Kegiatan Khusus (UKK) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) mengadakan sebuah Seminar Nasional yang bertajuk "Mengkaji Potensi Pemasukan Substansi Hukum Islam Kedalam Revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP)". Bersamaan dengan Seminar Nasional tersebut, LPM Arrisalah juga melaksanakan pelantikan kepengurusan baru untuk periode tahun 2016-2017 dan peluncuran Website. Acara ini diadakan di Auditorium UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pada Hari Selasa, (29/03/2016), tepat pada pukul 09.00 WIB.
Narasumber yang didatangkan pada Seminar Nasional ini adalah Dr. Sanuri, S.Ag., M.Fil.I. yang merupakan Kepala Laboratorium FSH UINSA serta H. Ka'bil Mubarok, S.HI., M.Hum. selaku Anggota DPRD Jawa Timur yang tidak dapat hadir dalam seminar tersebut dikarenakan ada kendala tertentu, lalu beliau digantikan oleh Drs. A. Yasin, M.Ag. yang merupakan Wakil Dekan 2 FSH UINSA.
Seminar ini membahas tentang beberapa potensi untuk memasukkan substansi hukum islam kedalam KUHP yang telah direvisi. Dengan maksud memperjelas tema seminar, A. Zainal Abidin selaku Pimpinan Umum LPM Arrisalah periode tahun 2016-2017 yang baru saja dilantik, menjelaskan bahwa seminar ini diadakan dalam rangka memenuhi tanggung jawab Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) untuk memasukkan Hukum Islam kedalam KUHP, "karena di Indonesia, Hukum Islam hanya termuat di Hukum Perdata, sehingga muncul harapan dari kami agar undang-undang Perdata muncul di Pidananya juga," jelas Mahasiswa Jurusan Hukum Pidana Islam (HPI), UINSA tersebut.
Selain itu, dalam kesempatan lainnya, Drs. A. Yasin, M.Ag. selaku Wakil Dekan 2 FSH UINSA menyampaikan bahwa tidak perlu merasa takut atau phobia dengan perbedaan hukum-hukum yang berlaku dengan agama lain, seperti Kristen, Hindu, Buddha, Konghucu, dan yang lainnya. "Untuk masalah perdamaian dan keadilan, mari diperjuangkan bersama-sama," tuturnya.
Dr. Sanuri, S.Ag., M.Fil.I. juga turut menyampaikan mengenai tema seminar dengan membahas tentang nasib seorang wanita yang melakukan nikah kontrak (nikah mut'ah) terlebih lagi jika wanita tersebut mengandung, "Siapakah yang menjadi orang tua anak tersebut? Pasti dalam hal ini, anaklah yang menjadi korban," tutur beliau menjawab pertanyaan dari para peserta seminar.

Pelantikan pengurus LPM Arrisalah periode tahun 2016-2017 dilantik oleh Dr. Sri Warjiyati, S.H, M.H. Yang merupakan Wakil Dekan 3 FSH UINSA. Setelah pelantikan selesai, dilanjutkan oleh peluncuran Website Portal Berita LPM Arrisalah yang dibawakan oleh Yasinta Wardani yang merupakan Mahasiswi FSH UINSA. Seminar Nasional yang dihadiri 300 peserta ini berakhir pada pukul 13.00 WIB. *(rag/alamtara)

1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikologi. Perkembangan psikologi manusia sekarang ini harus sangat diperhatikan agar mereka tidak berkembang dengan mental yang salah. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai psikologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete