Menjadi Pengacara Syariah Profesional - Araaita.com

Breaking News

Tuesday, 22 March 2016

Menjadi Pengacara Syariah Profesional


Dok. Rag/alamtara
Araaita.com – Kamis, (17/03/2016), dalam rangka meningkatkan profesionalitas dan integritas Mahasiswa UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, khususnya Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). Asosiasi Pengacara Syari’ah Indonesia (APSI) mengadakan seminar yang bertema “Membangun Kultur Pengacara Syari’ah yang Profesional dan Berintegritas, dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. Seminar tersebut diadakan setelah melakukan pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Pengacara Syari’ah Indonesia (DPW APSI) Jawa Timur periode 2015-2019 yang berlangsung di Auditorium UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Dalam pengantarnya, Andi Syafrani, S. HI., MCCL., yang merupakan Sekretariat Jendral Dewan Pimpinan Nasional (DPN) menyampaikan bahwa sebelum berbicara mengenai profesionalitas, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai indikator pekerjaan yang dapat dikategorikan sebagai profesi.
“Yang pertama, pekerjaan tersebut memiliki standart ilmu. Yang kedua, memiliki organisasi untuk mewadahi orang-orangnya. Yang ketiga, mempunyai kode etik profesi. Dan yang keempat, bekerja secara sosial alias gratis,” ujar pengacara kelahiran Pontianak tersebut.
Pengantar selanjutrnya yaitu Dr. H. Abdul Salam, M. Ag., yang merupakan Dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum  juga memberikan suaranya terkait profesionalitas, bahwa pengacara itu harus mengedepankan rasa membantu dan mengesampingkan uang, “pengacara yang bertujuan mencari uang akan menjadi pengacara fulusionis yang hanya memikirkan uang saja,” pungkas Abdul Salam diiringi suara tertawa dari para peserta.
Dalam kesempatan berikutnya, Ikhwan, S. Ag., S. H., mengatakan bahwa ketika pengacara telah menandatangani kontrak bersama klien, sebagai pengacara yang professional harus selalu siap sedia ketika klien membutuhkan kehadirannya, “Maka dari itu, pengacara harus menemui klien, walau tengah malam sekalipun,” tutur Ketua terpilih DPW APSI tersebut.
Beliau juga menjelaskan tugas dari APSI adalah mengatasi permasalahan terkait Syari’ah. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa harapan diadakannya seminar ini, “Semoga angkatan Advokat yang baru dapat berkiprah dan membagikan ilmunya kepada masyarakat," Kata Ikhwan. *(rag/alamtara)


1 comment:

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Menjadi Pengacara Syariah Profesional ".
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di sini

    ReplyDelete