Serangkaian Acara MPII Peringati Hari Sumpah Pemuda - Araaita.com

Breaking News

Wednesday, 26 October 2016

Serangkaian Acara MPII Peringati Hari Sumpah Pemuda

Dok. Ishfi/Arta
Suasana saat puncak acara parade sumpah pemuda berlangsung di Auditorium FSH

            Araaita.com - Majelis Pemuda Islam Indonesia (MPII) Jawa Timur memilih Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya sabagai tempat berlangsungnya kegiatan Parade Sumpah Pemuda. Acara tersebut merupakan puncak kegiatan yang diadakan MPII dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2016.
            Sebelumnya, serangkaian kegiatan telah digelar MPII dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda. Sejak September, total ada tiga kegiatan yang telah terselenggara. Seperti yang dilansir web resminya mpiijatim.or.id, kegiatan yang digelar antara lain menyalurkan bantuan untuk korban banjir Sampang, Festival Akustik Kebangsaan, Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat regional dan berakhir dengan puncak kegiatan bernama Parade Sumpah Pemuda di UINSA, Selasa, 25 Oktober 2016.
            Menurut Rahmah, selaku Ketua panitia pada acara itu mengatakan ada empat rangkaian acara yang telah diselenggarakan oleh MPII. "Tiap-tiap event dipegang oleh panitia berbeda, jadi acara MPII yang baru pertama kali ini terbilang sukses lah,” ungkap perempuan yang mengenakan baju hitam itu.
            Untuk Bakti Sosial yang khusus ditujukan untuk korban-korban bencana banjir di Sampang, Madura, MPII menyalurkan bantuan berupa pakaian-pakaian sehari-hari semisal baju, celana, yang diperkirakan mencapai 30 Juta Rupiah. Pakaian-pakaian tersebut telah disediakan untuk semua usia, dari yang bayi hingga orang tua. Sedangkan klasifikasi pakaian tersebut antara lain 80% merupakan pakaian baru dan 20% adalah baju bekas yang masih layak pakai.
            Selain itu, pada tanggal 26 September lalu, MPII melangsungkan acara keduanya di Atrium Mall City Of Tomorrow (CITO) Surabaya dengan acara Festival Akustik yang bertema kebangsaan atau yang dikenal sebagai perlombaan musik bergenre akustik. Panitia mengaku mengusung tema tidak jauh-jauh dengan isi peringatan yang melambangkan semangat pemuda untuk bangsa.
            Untuk mengembangkan intelektual mahasiswa UINSA, MPII juga mengadakan lomba Karya Tulis ilmiah. Tentunya tema untuk lomba kepenulisan itu yang menyangkut kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rahmah menambahkan bahwa peserta yang mengikuti lomba tersebut lumayan banyak.
            Ketika memasuki acara ke empat atau kegiatan puncak dengan tema Masterpiece Narasi Islam dan Kebangsaan, MPII menutup peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini sekaligus dilakukan penandatanganan Traktat atau perjanjian kesepahaman keislaman dan kebangsaan oleh Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur (Wagub) Jatim. Diatas banner putih itu tertulis setidaknya lima butir hasil perjanjian. Sebagai maksud bahwa acara tersebut telah didukung penuh oleh Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf.
            Selain tanda tangan dari Gus Ipul, beberapa pendukung MPII juga berkesempatan bertanda tangan. “Syukurlah acara ini disuport oleh banyak pihak, termasuk Gus Ipul sendiri, Zawawi Imron, jajaran Polda dan masih banyak lainnya,” ujarnya saat ditemui Ara Aita usai acara. *(Isf.Arta)

No comments:

Post a Comment