Wujudkan Damai dengan Multiculture Day - Araaita.com

Breaking News

Tuesday, 8 November 2016

Wujudkan Damai dengan Multiculture Day

Dok. Iqbal/Arta
Suasana saat berlangsungnya pementasan tari daerah dari salah satu peserta ORMADA.
Araaita.com - Multicultural Day dilaksanakan di samping Auditorium Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Senin, 07/11/2016. Acara tersebut diselenggarakan oleh organisasi International Office bekerjasama dengan UINSA Student Forum sebagai event organiozer-nya, bertujuan untuk menjadikan keberagaman sebagai solusi perdamaian, bukan pemicu konflik.
            Acara tersebut  merupakan acara yang sudah diselenggarakan kedua kalinya di UINSA, di awali dengan seminar budaya dan dilanjutkan dengan penampilan-penampilan khas daerah masing-masing.
Menurut  Mulki Assiditi selaku ketua panitia mengatakan bahwa ide munculnya acara tersebut berangkat dari keresahan yang ada di masyarakat, yaitu yang mempermasalahkan keberagaman budaya sebagai awal munculnya kerusuhan dan konflik.
Peserta multicultural day 2016 adalah Organisasi Mahasiswa Daerah (ORMADA) yang belajar di UINSA. Peserta yang lolos seleksi untuk mengikuti acara tersebut berjumlahkan 10 ORMADA, dan itu tidak hanya berasal dari daerah yang ada di Indonesia, namun ada juga peserta yang berasal dari mahasiswa Malaysia dan Thailand.
“Awalnya yang mendaftar ada 13 ORMADA, sayangnya, kami hanya memfasilitasi untuk 10 organisasi saja, ya yang tiga ini terpaksa tidak lolos” tambah laki-laki yang biasa dipanggil Mulki tersebut.
Dari serentetan acara yang ada dalam Multicultural Day 2016, terdapat banyak jenis perlombaan dari beberapa kategori, seperti penampilan duta daerah, performance budaya, pengenalan makanan khas dan lain-lain. Selain itu, peserta juga terlihat antusias dalam mempersiapkan segala keperluan yang di perlombakan, mulai dari kostum budaya, mekanan khas daerah, hingga barang yang menjadi icon daerah masing-masing.

            Mulki menambahkan bahwa dengan adanya penampilan dan pengenalan dari berbagai kebudayaan mampu menjadikan masyarakat untuk lebih mencintai dan melestarikan budaya daerahnya sendiri, dan juga dapat menghormati budaya daerah lain. *(Isf/Arta)

No comments:

Post a Comment