Depan SC Kotor, MABA Minta Panitia PKK-MB FDK Bekerja Sama - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 31 August 2017

Depan SC Kotor, MABA Minta Panitia PKK-MB FDK Bekerja Sama


Menggunung: Salah satu mahasiswi baru membuang sampah yang ada di lobi Sport Center UINSA. (dok. arta)
Araaita.com - Tumpukan sampah berplastik merah berisi sampah kotakan nasi menghiasi pemandangan di depan pintu masuk gedung Sport Center (SC). Sejak pertama pengenalan kehidupan kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) (28/8/2017) lalu, dimana dibawah naungan rektorat.

Namun hal serupa terjadi kembali pada hari kedua dan ketiga Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKK-MB). Dimana pada hari tersebut PKKMB dilaksanakan perfakultas, yang mana dalam naungan dekanat. FDK merupakan fakultas yang menempati SC selama PKK-MB perfakultas. Adapun hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari rektorat.

Hal tersebut juga dikatakan oleh salah satu petugas cleaning service yang memang bertugas untuk membersihkan area Sport Center. Ia bernama Sumiati asal Jember yang mengatakan bahwa sampah berserakan. Sampah ya kaya gini berserakan, mau bagaimana lagi mbak ini memang tugas saya," ujarnya.

Kembali mengutarakan bahwa setidaknya panitia dapat mengarahkan untuk meletakkan plastik merah yang berisikan sampah kotakan nasi di luar Sport Center.Kan kalau ditaruh di depan pintu masuk Sport Center ya merusak pemandangan, jadi terlihat kotor. Itu tergantung panitianya juga bagaimana ngaturnya," ucapnya.

Akhirnya Sumiati membuang sampah-sampah tersebut di pusat pembuangan sampah tepatnya di belakang Sport Center dengan dibantu oleh kedua temannya. Melihat sampah yang begitu banyak ia harus menggunakan gerobak dan harus berulang kali kembali membawa sampah. "Alhamdulillah mbak untung saja ada gerobak, jadi memudahkan kita untuk memindahkan sampahnya," terang ibu yang mengenakan seragam biru itu.

Ia berharap untuk kedepannya menjadi lebih baik tepatnya dalam menjaga kebersihan area kampus dan kerja bersamanya oleh seluruh warga UIN Sunan Ampel Surabaya. "Menjaga kebersihan dan panitia bekerja sama dalam hal ini," lirihnya saat ditemui crew newnews.

Sampah yang berserakan di depan pintu masuk SC. Akhirnya membuat Firdaus Rahman MABA asal Surabaya prodi Ilmu Komunikasi, yang berlatarbelakang sebagai siswa aktif dalam organisasi lingkungan hidup buka mulut. Sebab hal tersebut membuat ketidaknyamanan suasana. "karena tidak bersih," jelasnya.

Menjaga kebersihan lingkungan juga merupakan bagian dari pendidikan. "Bukan hanya ngeyel-ngeyel aja, bisa di waktu luang menanamkan pendidikan dengan membuang sampah pada tempatnya," jelasnya.

Melihat hal tersebut, Ia berharap dari pihak panitia untuk lebih bekerja sama serta mahasiswa maupun semuanya untuk menjaga kebersihan lingkungan UINSA."Ya kalo saya sendiri yang buang tidak mampu, ya dimohon untuk kerja samanya," ungkapnya.

Bau tak sedap tercium dari sampah yang berserakan saat hendak salah satu mahasiswi  prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) asal Tuban yang berinisial N. Hingga hal tersebut membuatnya tidak nyaman. "Tidak nyaman mbak, saya lihatnya risih begitupun baunya yang busuk," ujarnya.

Banyaknya sampah yang berserakan di depan pintu masuk SC dan memenuhi tong sampah. Hingga harus dilarikan ke tempat sampah di luar SC. Hal tersebut menjadi harapannya kepada panitia. "Panitia sama-sama bekerja sama dan bertanggung jawab bersama," imbuhnya.

Setelah dikonfirmasi kepada salah satu panitia PKK-MB bernama Alby, ia menyatakan bahwa pihak panitia sudah bekerja sama dengan pihak sc. “Kita sudah berusaha dan bekerja sama dengan pihak Sport Center, kita juga sudah meringankan tugas kebersihan di Sport Center,” ujarnya.

Tak hanya itu, Alby juga berharap kepada mahasiswa baru untuk bisa menempatkan sampah pada tempatnya. “Harpan saya kedepannya, mahasiswa baru bisa lebih menempatkan sampah pada tempatnya, terutama sampah basah dan kering. Terlebih lagi di daerah fakultas dakwah ketika kita sudah kembali beraktifitas disana,” tambahnya. (ning/warda/isma/chelsea)

No comments:

Post a Comment