Senat UINSA anugerahi Menpora Gelar Doktor Honoris Causa - Araaita.com

Breaking News

Friday, 15 September 2017

Senat UINSA anugerahi Menpora Gelar Doktor Honoris Causa

Dok Arta

Araaita.com – Senat UIN Sunan Ampel Surabaya akhirnya memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam bidang Kepemimpinan Pemuda Berbasis Agama pada Kamis 14/09/17 Pagi tadi di gedung Sport Center And Multipurpose UINSA.
            Prosesi pengukuhan gelar doktor kehormatan tersebut turut di hadiri oleh beberapa tokoh seperti Bupati Banyuwangi  Abdullah Azwar Anas, bupati tuban Fathul Huda, bupati Bondowoso Amin Said Husni serta ratusan alumni UINSA yang tergabung dalam IKA UINSA.
            Promotor pasca sarjana UINSA Prof. Husein Aziz mengatakan, bahwa pemberian gelar Doktor Honoris Causa pada Menpora tersebut di dasarkan pada kajian akademik yang telah di lakukan oleh pasca sarjana UINSA.
            “Kami melihat bahwa banyak pikiran serta gagasan yang lahir dari Imam Nahrawi,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.
            Salah satu gagasan penting Imam Nahrawi yang menjadi perhatian adalah konsep kepemimpinan kepemudaan yang berbasis agama. Sebab menurut Husein Aziz, hal tersebut memang terlihat sederhana namun mengandung makna yang besar.
            “Sebab ada integrasi antara Science dan agama sebagai modal membangun peradaban bangsa, yang itu juga sebenarnya menjadi problem dunia,” katanya
            Saat menyampaikan orasinya, Imam Nahrawi mengatakan bahwa pemberian gelar tersebut di luar dugaannya, sebab kata Nahwari dirinya hanya bercita cita menjadi guru yang akhirnya ia memilih Jurusan Pendidikan Bahasa Arab pada program sarjananya.
            “Namun perjalanan hidup saya mengantarkan saya justru menjadi seorang politisi, anugerah gelar akademik ini sungguh di luar ekspektasi saya,” ucap Nahrawi.
            Walau saat kuliah dulu harus menempuh tujuh tahun lamanya untuk memperoleh gelar sarjana, namun hal itu justru membuatnya bersyukur karena memiliki waktu yang lebih luas untuk belajar.
            “Terimaksih  kepada seluruh guru-guru saya selama tujuh tahun mendidik saya serta membimbing saya,” ungkapnya
            Dalam orasinya ia berpesan, bahwa pemuda saat ini harus menghindari bahaya Desduktrif Pemuda, sebab menurutnya hal tersebut dapat merusak karakter pemuda secara langsung sebelum dapat mengembangkan potensi yang di miliki.
            “Penyalahgunaan narkoba, radikalisme dan terorisme, pergaulan bebas dan hedonisme harus di hindari,” tuturnya
            Rektor UINSA Prof. Abd A’la berharap agar nantinya UINSA dapat terus mengeluarkan bibit-bibit kepemimpinan seperti Imam Nahrawi di masa yang akan datang.
            “Harapan Uinsa, semoga pemimpin masyarakat dapat keluar dari kampus ini,” Ujar A’la. (Isma/Ris)

No comments:

Post a Comment