Berawal Hanya Bisa Yes, No Hingga Bisa 5 Bahasa - Araaita.com

Breaking News

Tuesday, 24 October 2017

Berawal Hanya Bisa Yes, No Hingga Bisa 5 Bahasa

doc. Ning/Arta


Araaita.com - Cinta terhadap bahasa memang telah menjadi bagian dari hidup Achmad Zaini. Pemuda berusia 36 tahun yang merupakan lulusan Universitas Negeri Surabaya itu mulai memperdalam bahasa sejak ia tamat dari bangku perkuliahan. Berawal dari rasa cinta yang tumbuh. Serta keinginan besar dari dirinya sendiri untuk memperdalam bahasa. "Tidak ada yang memotivasi saya. Ini karena saya suka bahasa," katanya.

Didasari dengan rasa cinta terhadap bahasa, ia pun  memulai hidup barunya setelah tamat dari bangku perkuliahan dengan belajar dan memperdalam bahasa asing. Ia belajar bahasa asing dengan caranya sendiri atau yang kerap kali disebut dengan otodidak."Dengan memahami pola atau karakter dari masing-masing bahasa tersebut," jelasnya.

Tak disangka memasuki tahun pertama setelah tamat di bangku perkuliahan keinginannya untuk bisa bahasa asing, akhirnya membuahkan hasil nyata. ia dapat menguasai satu bahasa dalam kurun waktu yang singkat, yaitu satu tahun."Dulu saya bahasa inggris itu  hanya bisa yes, no," ungkap lelaki berkemeja biru itu.

Setelah bisa berbahasa inggris. Perjalanan Zaini untuk belajar bahasa asing tak sampai disitu saja. Bahkan tak pernah pudar. Justru keinginannya untuk meperdalam bahasa asing semakin berkobar. Walau disadari, sebelumnya ia dihadapkan dengan kesulitan-kesulitan."Ya sangat sulit misalnya saja bahasa inggris dengan banyaknya tenses," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia pun memperdalam bahasa arab. Memasuki tahap awal mempelajari bahasa arab kesulitan pun kembali menghampirinya.Tapi, setelah melewati kesulitan itu. Seketika, ia baru merasakan bahwa bahasa inggris itu mudah. "Saya fikir bahasa inggris itu sulit tetapi ada yang lebih sulit, yaitu bahasa arab," terangnya.

Akhirnya, memasuki tahun kedua. Setelah melewati berbagai macam kesulitan. Ia pun mampu berbahasa asing, yaitu bahasa arab dalam kurun waktu yang sama, yaitu satu tahun. "Sebab jika saya dapat berbicara bahasa itu. saya dapat berinteraksi dengan orang menggunakan bahasa tersebut. Misalnya bahasa arab bisa berinteraksi dengan orang arab," jelasnya.

Ia kembali bercerita bahwa bahasa sangatlah penting."Sebab jika kita ingin mengusai suatu negara. Maka kita harus menguasai bahasa negara itu," pungkasnya.

Memperdalam bahasa asing terus dilakukan Zaini selama enam tahun lamanya. Hingga dalam kurun waktu tersebut. Ia mampu mengusai 5 bahasa, yaitu bahasa inggris, arab, jepang, korea, mandarin. "Ya jadi satu tahun satu bahasa," jelasnya.

Semua itu tercapai. Sebab keinginan besar untuk bisa bahasa asing yang tumbuh dalam dirinya."Terpenting adalah comitment untuk mempelajari bahasa," jelasnya.

Selain itu, kemampuan dirinya dalam melewati berbagai macam kesulitan yang dihadapi." Jangan pernah berhenti dalam hal apapun karena kesulitan. Sebab dibalik kesulitan terdapat sesuatu yang indah," ucapnya. (Ning)

No comments:

Post a Comment