Festival Banjari dalam Rangkaian Acara Fesnas PGMI - Araaita.com

Breaking News

Friday, 20 October 2017

Festival Banjari dalam Rangkaian Acara Fesnas PGMI

doc. Gita/arta
Araaita.com - Festival Banjari yang diselenggarakan di Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya pada Kamis (19/10) menjadi rangkaian acara kedua dari  Festival Nasional (Fesnas) dengan tema Urgensi Pendidikan Karakter; Memperkuat Negara Multikultur melalui Anak Negeri, yang merupakan acara tahunan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sebelumnya acara tahunan ini diberi nama Haflah Miladiyah PGMI. Namun, setelah mendapat berbagai masukan dari dosen PGMI, nama tersebut diganti menjadi Festival Nasional,  Kalau tahun kemarin itu namanya Haflah Miladiyah PGMI, lalu sekarang atas permintaan dosen minta diganti nama jadi seperti ini," ujar Nur Oktaviana, selaku ketua panitia dari Fesnas 2017. 

Festival banjari ini diikuti oleh 35 peserta yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Dasar Islam (SDI), atau Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) yang ada di Jawa Timur. Lebih lanjut, Nur Oktaviana mengatakan, 35 peserta ini merupakan peserta pilihan. Pasalnya sebelumnya telah dilakukan seleksi rayon di tempat yang sudah ditentukan oleh panitia Fesnas.

Tanggal 8 Oktober sudah melakukan seleksi rayon di UINSA, MI Unggulan Sabilillah Lamongan, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Mandemangan Madiun, Ujar wanita berkerudung hijau tersebut.

Acara festival banjari ini, mendatangkan tiga juri dari Surabaya. Dua merupakan alumni Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ikatan Qari Qariah Mahasiswa (IQMA), dan yang satu merupakan Alumni dari PGMI. Penilaian dari festival banjari ini meliputi musik, vocal dan adab dari peserta.


 Ada Ustadz Nada, Ustadz Aziz dan Ustadz Rizal dari Surabaya. Dua alumni IQMA dan yang satu merupakan alumni PGMI sendiri tapi sudah menjadi pengajar banjari. Juri menilai musik, vokal dan adab," terang Muhammad Nur Arifin, yang bertanggung jawab dalam perlombaan banjari, ketika ditemui crew Ara Aita ketika Ishoma acara. (Saf)

No comments:

Post a Comment