Mahasiswa Ini Mengaktualisasikan Kuliahnya dengan Wirausaha - Araaita.com

Breaking News

Tuesday, 31 October 2017

Mahasiswa Ini Mengaktualisasikan Kuliahnya dengan Wirausaha

doc. Moh/Arta

Araaita.com - Sejak Kamis, tepatnya 19 Oktober 2017 lalu, di bawah lorong jalan penghubung tepatnya sisi kiri gedung A Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, tampak ramai setiap harinya. Beberapa mahasiswa mampir disitu.

Lokasi yang nampak muram tersebut, kini disulap oleh Junaid al-Khotir, mahasiswa semester III Manajemen Dakwah UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, sebagai tempat tongkrongan.

Pria kelahiran Bondowoso itu mengubah layaknya warkop biasanya. Ia menjajakan kopi asli Kota Bondowoso dan berbagai minuman ringan menghiasi meja barnya. Tempatnya sederhana, namun cocok untuk tempat bersantai dan berdiskusi.

Cara menjajakannya pun nampak berbeda. Ia promosi via grup Whatsapp, kemudian disesuaikan dengan materi perkuliahan yang didapatkannya. “Setiap ada orang lewat maka saya tawarkan, moggo mbak mas mungkin ada yang ngopi dengan produk unggulan,” ungkapnya.

Berasal dari inisiatif seorang diri Junaid, sapaan karibnya, lapak tersebut dibangun berkat aktualisasi materi perkuliahan yang diperolehnya. “Saya mendapatkan materi kewirausahaan untuk mengaplikasikan materi yang di dapat,” paparnya.

Lapak tersebut dibangun dengan modal sendiri dan patungan bersama sahabat karibnya, Mufarikhi. “Modal dari sendiri dan patungan dengan Mufarikhi,” jelasnya.

Selain itu, ia juga terus terang membuka lapak tersebut lantaran ingin membantu orang tua yang kurang mampu membiayai kuliahnya. Juga karena lahan yang tidak dipergunakan oleh pihak birokrasi.

“Karena saya ingin membantu orag tua dan adanya peluang lahan yang kosong tersebut,” ujar Junaid.

“Dan sudah saya pandang sesuai materi kewirausahaan, karena di sini kalangan mahasiswa akhirnya saya buka warung kopi,” sambungnya.

Ia juga berharap usaha yang dibangun semakin meningkat serta ia harap kepada mahasiswa yang lain agar berwirausaha.


“Saya harap warung kopi ini bisa berkembang pesat dan jadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk membuka usaha. Sekaligus membantu orang tua serta aktualisasi materi perkuliahan,” pungkasnya. (Moh)

No comments:

Post a Comment