Nobar Film di UINSA Peringati Hari Santri - Araaita.com

Breaking News

Wednesday, 25 October 2017

Nobar Film di UINSA Peringati Hari Santri

doc. Yas/Arta

Araaita.com Untuk pertama kalinya dalam memperingati  Hari  Santri  Nasional 2017, pengurus Ma'had Al-Jami'ah UIN  Sunan  Ampel  Surabaya  menggelar nonton bareng (nobar)  film Sang Kiai yang dilaksanakan setelah sholat isya di Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya (24/10). Acara nobar ini dihadiri oleh mahasantri maupun mahasiswa umum UIN Sunan Ampel Surabaya.

Film yang diputar ini mengangkat kisah sosok pejuang kemerdekaan sekaligus salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dari Jombang, Jawa Timur, yakni Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari. Sehingga  alasan diadakannya nobar karena adanya proses edukasi mengenai sejarah kebangsaan Indonesia. "Kalau diskusi sih jenuh, sedangkan nobar kan bisa dilakukan dengan  santai   sekaligus film ini juga mengedukasi,” ujar Wasid, koordinator Pusat  Ma'dah  al-Jami'ah.
Selain itu, film Sang Kiai ini banyak mengajarkan hal  mengenai  kehidupan  berbangsa  dan  bernegara. Dengan  hal tersebut setelah menonton film ini mahasiswa diharapkan paham bahwa para pendiri bangsa telah meletakkan pondasi ideologis yang mengharmonikan nilai keislaman dengan kebangsaan. "Dengan kami memutarkan film  Sang  Kiai  ini  setidaknya mahasiswa  bisa  belajar dari  para  kiai-kiai," ungkap Wasid saat  diwawancarai  melalui  Whatsaap.

Hal tersebut  telah dibuktikan  oleh  salah satu  mahasantri  yang  menghadiri acara nobar tersebut yang begitu   terkesan dan mendapatkan pelajaran yang begitu banyak setelah melihat film ini. Serta  film  ini  memang cocok  diperlihatkan  di kalangan  mahasiswa, alur  ceritanya  pun  begitu  menyentuh  hati  para  mahasiswa  UIN  Sunan  Ampel  Surabaya. "Berkesan banget filmnya dan  banyak pesan yg  bisa  saya  dapatkan, saya  sampai  terharu sempat  nangis  tadi," ungkap Niswatin, mahasiswa semester satu itu.

Walaupun acara nobar dilaksanakan dengan mendadak, dikarenakan anggaran konsumsi yang tidak masuk dalam anggaran agenda tahun ini. Namun acara tersebut dibilang sukses, dalam penyelenggaraanya terlihat kurang lebih seratus-an mahasiswa mengahadiri nobar film Sang Kiai itu. Kebanyakan penontonnya dari Pesantren Mahaasiswa (Pesma) maupun Pesantren Mahasiswi (Pesmi) UIN Sunan Ampel Surabaya. “Acaranya ini mendadak, anggaran  makanan aja juga dadakan, semua serba dadakan, tapi alhamdulillah yang datang sekitar seratusan penonton,” tambah Wasid. (Yas)

No comments:

Post a Comment