Rayakan Dies Natalis ke-47, Himaprodi SPI Gelar LKTI Sejatim - Araaita.com

Breaking News

Wednesday, 25 October 2017

Rayakan Dies Natalis ke-47, Himaprodi SPI Gelar LKTI Sejatim

Doc. Arifah/arta
Araaita.com – Selasa (24/10) Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Sejarah Peradaban Islam (SPI) telah meyelenggarakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis ke 47 yakni Olimpiade Sejarah Kebudayaan Islam serta Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Madrasah Aliyah (MA) Se-Jawa Timur.

Olimpiade Sejarah Kebudayaan Islam merupakan rangkaian acara Dies Natalis yang telah dilaksanakan ke-4 kalinya dan Lomba Karya Tulis Ilmiah ini dilaksanakan pertama kalinya dengan ketentuan tema ‘Membentuk Karakteristik Pemuda Menuju Masyarakat Madani’. 

Acara ini dilaksanakan secara Outdoor, yakni sebelah utara Fakultas Adab dan Humaniora. Para peserta yang ikut dalam acara ini berasal dari berbagai kota yakni Jombang, Pasuruan, Bojonegoro, Ponorogo, Ngawi dan berbagai Sekolah Menengah Atas se-Jawa Timur.  

Umar Faruq selaku ketua pelaksana acara ini mengungkapkan bahwa, acara ini bertujuan untuk menguji wawasan siswa mengenai Sejarah Kebudayaan Islam serta proses pembentukan penerus pencinta sejarah di Indonesia. “Karena niatnya untuk proses kaderisasi pecinta sejarah kedepan,” tutur mahasiswa semester 5 tersebut.

Dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah, yang menjadi juara pertama yakni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Ponorogo, juara 2 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Jombang, dan juara 3 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kediri.

Zulfani Alfasana siswi Sekolah Menengah Negeri 2 Jombang yang telah menyabet juara 2 dalam kateri Lomba Karya Tulis Ilmiah tahun ini mengatakan bahwa ia dan timnya telah mempersiapkan selama dua bulan dan mengangkat judul ‘Kesehatan Reproduksi Remaja dalam Melahirkan Generasi Islam Sehat Seksualitas Menuju Masyarakat Madani’. “Dibimbing guru selama 2 bulan untuk ikut lomba ini,” ungkapnya.


Ia menambahkan, meskipun mendapatkan juara 2 tetap ada rasa bangga dalam dirinya. Karena ini pertama kalinya mereka mengikuti lomba dan mendapat juara. “Ini pertama kali ikut, ada rasa bangga. Banyak pesaing juga jadi kompetisi terasa,” imbuh siswi berseragam batik tersebut. (Ars)

No comments:

Post a Comment