Terungkap! Ini Modus Pencuri di Masjid UINSA - Araaita.com

Breaking News

Tuesday, 17 October 2017

Terungkap! Ini Modus Pencuri di Masjid UINSA

Heri Sussilo ketika dimintai keterangan terkait pencuriannya. (dok. Arta)

Araaita.com - Pencurian kembali terjadi di Masjid Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya, pelaku diketahui bernama Heri Susilo, 29, warga Desa Mangunan, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang.

Pelaku diketahui pernah mencuri di masjid Ulul Albab sebelumnya, namun saat itu petugas takmir masjid datang terlambat sehingga pelaku lolos dan tidak tertangkap. "Saya baru inget bahwa ia yang ngambil tasnya dosen syari'ah sekitar 6 bulan yang lalu, pas waktu itu namanya pak Maher, beliau adalah dosen syari'ah yang kehilangan Tab dan uang kurang lebih sekitar 5 sampai 7,5 juta dan lain lain, la pada waktu itu saya datang agak terlambat di kampus dan saya yang mencarikan rekaman CCTV, waktu saya cari ternyata tas pak Maher ada di tempat wudhu," ungkap Bachtiar selaku saksi sekaligus pengurus ma'had saat di wawancarai (16/10).

Bachtiar menceritakan  bahwa ia dan petugas takmir masjid membuntuti terlebih dahulu pelaku mulai ashar. Pelaku sebelumnya tidur di serambi samping sekat tempat wudhu, kemudian pelaku pindah kedalam masjid. "Akhirnya kita mencoba menjebak pelaku, setelah itu ia keluar, saya kira ke dalam kamar mandi dan ternyata ia keluar dan kembali membawa pentol dan es dua gelas," lanjut Bachtiar.

Modus pelaku mencuri yaitu dengan menggoyangkan tas tersebut dengan kakinya, sehingga terasa di dalam tas tersebut berisi atau tidak. "Dan akhirnya, setelah itu ia masuk sholat magrib tapi gak langsung sholat dia liat belakang telah toleh saya dan temen" sudah di atas ternyata dia magrib belum beraksi," ucapnya.

Salah satu saksi menceritakan pelaku sebelum sholat isya menoleh ke belakang, ke kanan dan ke kiri, setelah itu pelaku langsung  menutupi tas incaran dengan jaketnya waktu sholat isya pada raka'at pertama. "Setelah itu ia mundur terus menutupi tas yang ada di Deket tiang perlahan ia keluar ke serambi masjid," tutur ogik selaku muadzin Masjid Ulul Albab. (Shal)

No comments:

Post a Comment