UINSA Adakan Sertifikasi Penunjang Akademik Bidang IT - Araaita.com

Breaking News

Tuesday, 31 October 2017

UINSA Adakan Sertifikasi Penunjang Akademik Bidang IT

doc. Yan/Arta

Araaita.com - Pada tanggal 24 Oktober hingga  17 November 2017  seluruh mahasiswa UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya angkatan 2014 mengikuti Serifikasi Penunjang Akademik (SPA) bidang Information Technology (IT),  diselenggarakan oleh  Unit Pusat Teknologi dan Pangkalan Data (PUSTIPD) UINSA. Pelaksanaanya dilaksanakan di labolatorium integrasi lantai 1.

Sertifikasi Penunjang Akademik (SPA) bidang IT merupakan kerjasama UINSA dengan Multimatics Jakarta. “Setiap hari terdapat 160 peserta yang  dibagi ke  8 kelas satu kelas  terdapat 20 orang, dan di dampingi oleh satu trainer,” tutur Moch Yasin, selaku koordinator pelatihan.

Guna untuk mengikuti  Sertifikasi Penunjang Akademik (SPA) bidang IT seluruh mahasiswa wajib untuk mendaftar melalui online dengan link http://pustipd.uinsby.ac.id. Sertifikasi  IT  yang sekarang dijalankan adalah Microsoft Office Specialist (MOS).

Jika ada mahasiswa yang tidak mendaftar, mereka otomatis tidak bisa mengikuti ujian sertifikasi IT. “Mahasiswa wajib mendaftar di vendor sertifikasi, dalam hal ini Microsoft ke certiport yang sudah ditunjuk  sebagai testing center-nya”, jelas Irfan, selaku  koordinator pelaksanaan kegiatan.

Sistem  ujian Sertifikasi Penunjang Akademik (SPA) bidang IT dilaksanakan melalui ujian persiapan yaitu pre-test sebelum training, post test setelah training, mockup test sebelum ujian sertifikasi, dan yang terakhir ujian sertifikasi.

Mahasiswa yang mengikuti sertifikat akademik wajib memenuhi score 700 untuk bisa lulus. Jika mahasiswa yang tidak memenuhi score tetap akan mendapatkan Setifikasi dari Multmatics berupa Sertifikat Penunjang Akademik (SAP) tetapi  tidak  mendapatkan sertifikat langsung dari Microsoft.

1000 mahasiswa yang mendapatkan nilai tertinggi selain mendapatkan Sertifikasi Penunjang Akademik (SAP) akan mendapatkan free Microsoft Office Sertification (MOS),”  lanjutnya.

Pelaksanaan Sertifikasi Penunjang Akademik (SPA) bidang IT dari hari selasa sampai sekarang  berjalan dengan lancar tetapi terdapat beberapa kendala  yang dihadapi seperti infrastruktur komputer yang tidak terkoneksi ke jaringan internet, maupun  terdapat salah satu ruangan kelas yang ac-nya tidak berfungsi.

“Namun itu tidak menjadikan masalah  besar karena  bisa ditanggani dengan sigap  oleh panitia UINSA dan Multimatics,” ungkap Irfan. (Yan)

No comments:

Post a Comment