UINSA jadi Tuan Rumah Wisuda Akbar ke-8 - Araaita.com

Breaking News

Sunday, 22 October 2017

UINSA jadi Tuan Rumah Wisuda Akbar ke-8

Doc. Arifah/arta
Araaita.com- Tahun ini tepatnya pada Minggu (22/10) Masjid Raya Ulul Albab Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menjadi tempat berlangsungnya Wisuda Akbar oleh PPPA Daarul Qur’an, yakni Dunia menghafal Qur’an Surah Al-Fath yang dilaksanakan serentak pada hari santri di 16 Kota, 12 Provinsi di Indonesia dan 15 Negara.  

Acara yang bertujuan mewujudkan Indonesia menjadi negara penghafal Al-Qur’an ini dihadiri oleh salah satu imam besar Madinah yakni Syaikh Royyan Abdul Rahim  dan KH Dzul Hilmi Al Hafizh. Selain itu, tokoh masyarakat yakni Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur (MUI JATIM), Jajaran Pemerintahan Provinsi (PemProv) dan Pemerintahan Kota (PemKot) Surabaya juga hadir dalam acara tersebut.

Wisuda Akbar ke-8 ini diikuti oleh seribu peserta dari berbagai kota seperti Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Sidoarjo, Sampang, hingga Banyuwangi. Sebelum puncaknya acara, yakni pemberian penghargaan kepada wisudawan dan wisudawati terbaik kategori hafalan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 15 juz, dan 20 juz mereka membaca Surah Al-Fath bersama-sama yang dipimpin oleh Syeikh Royyan.   

Hidayati Kusuma Pertiwi, Selaku Koordinator Registrasi mengatakan bahwa tidak ada syarat khusus menjadi peserta wisuda akbar ke-8 ini, hanya saja setiap peserta diwajibkan menghafal Surah Al-Fath sesuai dengan ketentuan tahun ini. “Gak harus hafal satu juz, yang penting hafal Surah Al-Fath,” ucap Pertiwi.


Salah satu peserta dari Tuban, Irma Nur Hayati merasa kurang puas dengan hasil hafalannya. Namun, hal tersebut tak menyurutkan niatnya untuk meneruskan hafalan-hafalannya agar tahun depan bisa mengikuti acara ini dan mendapat nilai yang lebih baik lagi. “Hasilnya jelek, tadi deg-degan tapi tahun depan ingin ikut lagi,” cetus siswa SMPN 1 Palang itu. (Ars)   

No comments:

Post a Comment