Festival Zhukruf untuk Mengasah Kemampuan Bahasa Arab - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 16 November 2017

Festival Zhukruf untuk Mengasah Kemampuan Bahasa Arab

doc. Warda/Arta

Araaitaa.com - Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 51 program studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (Fahum), mengadakan acara Festival Zukhruf yang diadakan pada tanggal 15-17 November 2017 di halaman depan Gedung Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Menurut keterangan Talkhis selaku panitia Festival Zukhruf, penamaan festival ulang tahun prodinya ini berasal dari singkatan Zein Al-Ukhuwah wa Al-Ta’aruf yang artinya hiasan persaudaraan.

“Zukhruf singkatan dari Zein Al-Ukhuwah wa Al-Ta’aruf yang artinya hiasan persaudaraan, disitu nantinya kita bisa saling mengenal mahasiswa lain dari kampus-kampus lain,” ujar Talkhis.

Selain untuk menjalin silaturrahmi, festival Zukhruf ini juga bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam berbahasa arab.

”Tujuannya untuk menjalin relasi dengan kampus lain. Dan juga mengasah kemampuan teman-teman, khususnya dalam bidang bahasa arab,” katanya saat diwawancarai oleh crew araaita.com (15/11).

Meski prodi BSA sudah menginjak umur yang tidak bisa dibilang muda lagi, tetapi festival ini baru terselenggara dalam 3 tahun terakhir. “Acara festival Zukhruf ini merupakan acara ke 3 kalinya,” ujar mahasiswa asal Pasuruan itu.

Dalam memeriahkan hari jadi Prodi BSA, panitia menyelenggarakan beberapa lomba, seperti lomba debat bahasa arab, olimpiade nahwu sorof, musabaqoh qiroatul kutub, khitobah, qiroatus syiir, dan kaligrafi.

“Zukhruf dimeriahkan dengan lomba-lomba,” kata Talkhis mahasiswa semester tiga itu.

Selain itu Talkhis juga menjelaskan terkait mekanisme dari beberapa lomba yang diadakan, seperti lomba debat bahasa arab. Dalam lomba ini terdapat empat babak, dimulai dari babak penyisihan yang dilaksanakan pada hari Rabu dengan menghasilkan 8 tim dengan point tertinggi atas argumentasi para peserta.

Masih berdasarkan penilaian argumentasi yang kuat, 8 tim ini nantinya akan memasuki babak perempat dan semi final di hari Kamis dan diambil 4 tim dari point tertinggi. Dan di hari terakhir akan ada babak final untuk memperebutkan juara satu dua dan tiga. Sekaligus pengumuman juara lomba semua kategori ketika malam puncak Dies Natalis BSA tanggal 17 November 2017 nanti.

Ia juga mengungkapkan bahwa perlombaan pada kategori debat bahasa arab memiliki juara khusus yaitu best speaker. “Kalo di debat ada kategori juara best speaker, jadi ada pembicara terbaik dari peserta debat yang nantinya terpilih akan diberi penghargaan best speaker,” imbuhnya. (Warda)

No comments:

Post a Comment