Gelar Seminar Eco Campus, FDK Ingin Sadarkan Mahasiswa Akan Kebersihan - Araaita.com

Breaking News

Friday, 10 November 2017

Gelar Seminar Eco Campus, FDK Ingin Sadarkan Mahasiswa Akan Kebersihan

doc. Yana/arta
Araaita.com - Kamis (9/11)  Fakultas Dakwah dan Komunikasi ( FDK) UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan seminar GO ECO CAMPUS UINSA dengan tema “Gerakan UIN Sunan Ampel menuju kampus berwawasan lingkungan pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi”. Acara tersebut berlangsung di ruang sidang FDK.

Kegiatan yang diikuti oleh para dosen dan mahasiswa tersebut, merupakan bagian dari salah satu program kerja Fakultas Dakwah dan Komunikasi,  dalam rangka awal  membangun kesadaran warga FDK dalam bidang kebersihan lingkungan. Adapun narasumber yang dihadirkan dalam acara itu adalah  dari Dinas pertamanan dan kebersihan kota Surabaya.

Pudji Rahmawati selaku ketua panitia acara tersebut mengatakan untuk menuju GO ECO CAMPUS,  FDK harus mulai berbenah agar menciptakan lingkungan bersih, hijau dan sehat. Awalnya sulit mengajak mahasiswa, hal pertama yang bisa dilakukan yaitu membangun kesadaran dari diri sendiri.

Jika sudah terbangun baru kita bisa menularkan kepada yang lain.“Dalam seminar ini mahasiswa mulai menyadari bahwa kebersihan itu penting.Untuk itu, mari bersama- sama membenahi diri sendiri dengan kesadaran bukan karna paksaan,” ujar dosen Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) itu.

Menurut Pudji Rahmawati selama ia mengajar, masih sering menemukan sampah- sampah berserakan, ia juga sering melihat sampah dibawah jendela, itu menandakan mahasiswa  belum semuanya sadar tentang kebersihan lingkungan sehingga harus ditanamkan kesadaran tentang pentingnya kebersihan lingkungan. “Jika sudah diterapkan nantinya akan terbiasa  dan membudaya sehingga bisa mempratekkan slogan kebersihan adalah sebagian dari iman,” jelasnya.

Selain itu, ia memberikan salah satu cara bagaimana menuju GO ECO CAMPUS  di FDK sendiri, yaitu dengan meminta mahasiswa untuk memetakan kampus area FDK. “Foto sudut- sudut ruangan yang kelihatan kumuh kemudian buatlah mading untuk bahan evaluasi, dengan begitu kita bisa berbenah diri,” pungkasnya saat ditemui crew Araita.

Silvi salah satu peserta pada acara tersebut mengungkapkan bahwa seminar itu sangat bermanfaat. “Kita mendapatkan wawasan tentang kebersihan lingkungan, kita juga memiliki gambaran untuk membenahi sarana prasarana yang ada di lingkungan kampus terutama di FDK, ” ucap mahasiswa BKI semester 5 itu. (Yan)

No comments:

Post a Comment