Hilangkan Gundah Melalui Pemikiran yang Positif - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 2 November 2017

Hilangkan Gundah Melalui Pemikiran yang Positif

doc. Repro Internet
Berfikir merupakan hal yang dilakukan oleh manusia setiap hari, bahkan setiap detik kita pasti melakukan kegiatan tersebut. Berfikir yang baik adalah berfikir positif, dimana berfikir positif merupakan, sikap mental yang melibatkan proses memasukkan kata-kata dan gambaran-gambaran dari apa yang kita lihat serta kita rasakan dan bersifat konstruktif yakni membangun bagi perkembangan pikiran, apapun yang kita harapkan, pikiran positif akan membantu kita untuk mewujudkannya. Berfikir postif juga merupakan sikap yang dapat mengharapkan hasil baik serta menguntungkan. 

Berpikir positif bukan berarti semua hal yang salah menjadi baik, namun terkadang seseorang bisa menemukan kebaikan dibalik kesalahan. Salah akan tetap salah, namun dibalik sebuah kesalahan terkandung hikmah . hikmah inilah yang selalu baik.berpikir positif juga dapat dikatak optimis, memberikan peluang dari dalam diri kita untuk terus melangkah.

Namun tidak semua orang mempercayai pola pikir positif dan tidak banyak yang mengetahui cara berfikir positif. Adapula yang mengetahui tetapi tidak tahu bagaimana menggunakan cara berfikir ini. Ciri orang yang berfikir positif adalah ketika tetap berjuang atau berusaha merealisasikan tujuan-tujuan postif atau target-target postitif secara berkelanjutan (beproses) sehingga dapat menghasilkan sebuah pencapaian hidup  yang di gambarkan dalam sebuah kalimat 'Hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini.'  

Ciri lain seperti yang dituliskan oleh  AN Ubaedy dalam bukunya yang berjudul 'Dahsyatnya Berpikir Positif', ia menuliskan ciri-ciri umum orang  yang berpikir positif sebagai jalan adalah bisa menciptakan kebahagiaan dalam dirinya, memiliki kesimpulan positif terhadap dirinya, memiliki kepercayaan yang bagus terhadap kemampuannya, bisa menjalin hubungan positif dengan orang lain, bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan kenyataan, baik yang OK maupun yang tidak OK, langkahnya dinamis dan prestasi dihidupnya makin lama makin bertambah dan baik.

Berfikir postitif tidak cukup hanya memasukkan muatan-muatan positif pada pikiran.  Bukan pula sekedar pikiran positif yang kita ciptakan hanya berhenti pada pikiran positif itu. Ini sama dengan kita memiliki alat yang sangat bagus namun sayangnya tidak kita gunakan. Supaya naik ke skala yag lebih tinggi , maka harus berupaya untuk menggunakannya.

Orang yang berfikir postif adalah orang-orang yang menggunakan pikirannya untuk melakukan hal-hal postif yang diantara lain dalam bentuk merealisasikan tujuan/target positif, mengembangkan berbagai potensi yang kita miliki seperti bakat, pengetahuan, pengalaman,karakter dll, menyelesaikan masalah yang muncul dengan cara yang positif, kreatif dan konstruktif (membangun).

Kadang seorang sering sekali mengatakan Berpikirlah postif  kepada orang yang sedang dirundung gelisah dari berbagai masalah, namun bagi si penderita kegundahan ucapan tersebut tak digubris bahkan dianggap sebagai angin lalu saja, ini karena mereka tidak benar-benar mengetahui makna dari arti berfikir positif. Dibutuhkan keyakinan yang kuat dalam menciptakan elemen berfikir secara positif di dalam tubuh kita.           
 
Didalam buku yang ditulis Nur Fadillahh, Percaya diri, menyukai tantangan, dan berani menghadapi tantangan, merupakan salah satu ciri orang yang memiliki kepribadian yang positif. Dimana pribadi yang sukses tahu betul perubahan tidak dapat dihindari, karena tahu tujuan yang diinginkan makan ia harus menyusun rencana  berdasarkan segala kemungkinan, lalu di realisasikan dalam tindakan nyata.  Ia juga sealu melakukan evaluasi  dan memperbaiki diri. Belajar dari kesalahan yang lalu adalah kunci bantu loncatan untuk menjadi lebih baik dan realisasi dari sebuah pemikiran positif.

Sapu bersih segala keluhan. Ganti dengan rasa syukur dan ikhlas juga dapat mendorong seseorang untuk berpikir positif. Selalu bersugesti tentang hal-hal yang positif ketika mengawali aktivitas, juga dapat membantu seseorang untuk selalu menciptakan pikiran yang positif, jika sesseorang terus diselimuti dengan pikiran positif, maka jiwa semakin tenang, selain itu manfaat dari berpikir positif seseorang tidak lagi selalu merasa di kejar-kejar oleh apa yang tidak disukai dalam hidup, apa yang belum di capai dan berbagai pikiran negatif yang hanya akan mengganggu konsentrasi dan fokus seseorang dalam melakukan kegiatan. Percaya untuk selalu bisa berpikir positif dan buang jauh-jauh pikiran negatif untuk mencapai kehidupan yang baik.



Oleh: Annisa Gita Safitri
*Penulis adalah Mahasiswa Semester III Komunikasi dan Penyiaran Islam
UIN Sunan Ampel Surabaya

No comments:

Post a Comment