HMP BKI Gelar Donasi Buku untuk Cerdaskan Bangsa - Araaita.com

Breaking News

Wednesday, 15 November 2017

HMP BKI Gelar Donasi Buku untuk Cerdaskan Bangsa

doc. Yana/arta
Araaita.com -  Bimbingan Konseling Islam dalam rangkaian acara Dies Natalis yang ke delapan menggelar acara donasi buku dengan tema “1001 Buku untuk Generasi Indonesia”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 November hingga 08 Desember 2017 di depan Gedung B Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Ulfi selaku ketua panitia, menjelaskan donasi buku adalah suatu penggalangan dana yang akan didedikasikan untuk membantu perpustakaan di sekolah yang membutuhkan. Program donasi buku diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan siswa terhadap buku, serta turut mendukung pemerataan pendidikan melalui budaya literasi sampai ke pelosok Nusantara.

“Nantinya buku yang terkumpul akan didonasikan ke SD yang sebelumnya pernah dijadikan sebagai kegiatan pengabdian masyarakat yaitu SDN Wotansari, Gresik dan  Yayasan Pendididikan Islam Muinuddin di Desa Gawerejo, Lamongan,” ungkapnya.

Donasi buku dilaksanakan dalam rangka melihat kondisi perpustakaan sekolah yang ada di kegiatan pengabadian masyarakat  kurang memadai, tetapi minat baca siswa tinggi. “Sebenarnya donasi buku ini rencananya dilaksanakan pada saat  pengabdian, karena melihat kondisi perpustakaan yang memperihatinkan, tetapi terkendala waktu dan terkendala donatur yang susah untuk dicari,” jelasnya.

Buku yang dapat  didonasikan yaitu buku baru maupun buku bekas yang masih layak. Tema buku diutamakan buku yang mampu mendidik generasi penerus bangsa, seperti buku pelajaran, buku cerita, buku bergambar atau komik, juga tidak berbau SARA maupun kekerasan.

Ulfi berharap acara ini bisa menumbuhkan  minat baca sejak dini, terutama pada tunas- tunas bangsa yang  kelak mewarisi negeri ini. “ Saya berharap pada tahun berikunya acara ini terkoordinasi dengan baik dan bisa menyalurkan donasi ke sekolah- sekolah yang lain juga,” ujarnya.


Ia juga berterimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi mensukseskan gerakan donasi buku ini. “Tidak ada kata terlambat untuk berkontribusi. Tidak ada kata terlalu sedikit untuk yang kita beri. Jangan ragu, kalau tidak sekarang kapan lagi,” pungkasnya saat di temui crew araita.com. (Yan)

No comments:

Post a Comment