KOBAR Jalin Hubungan Penulis dan Pembaca Melalui Bedah Buku - Araaita.com

Breaking News

Friday, 10 November 2017

KOBAR Jalin Hubungan Penulis dan Pembaca Melalui Bedah Buku

doc. Faisal/arta


Araaita.com- Komunitas Baca Rakyat (KOBAR) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kemarin (09/11) mengadakan seminar dan bedah buku yang dihadiri sekitar 267 peserta. Seminar dan buku Hadrah Kiai karangan Raedu Basha tersebut bertemakan Puisi Santri untuk Kiai. Yang bertempat di gedung Twin Tower A lantai 9 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Pihak panitia mengatakan acara ini bertujuan agar ada diaspora kelimuan pada sisi akademis, selain itu diharapkan terjalin interaksi langsung antara penulis buku dan pembaca. “Selama ini kita hanya berhadapan dengan buku saja tanpa tau siapa penulisnya,” ucap Chafid Wahyudi selaku panitia dan juga Koordinator Komunitas Baca Rakyat (KOBAR).

Lebih lanjut Chafid Wahyudi menututurkan target acara seminar dan bedah buku kali ini secara khusus ingin mengembalikan ghiroh santri. “Karena bagaimanapun hubungan santri dengan kiai berbeda dengan guru dengan murid dalam arti pendidikan konvensional, itu semangat kami untuk menentukan tema hari ini,” pungkas Chafid wahyudi saat ditemui oleh crew Araita.com

Salah satu peserta mengatakan alasan mengikuti acara seminar dan bedah buku ini karena acara tersebut penuh dengan motivasi, selain itu ia juga mengatakan lebih memahami isi dibalik buku Hadrah Kiai. “Kita lebih memahami dibalik buku hadrah kiai seperti apa terus dari segi kata-kata puisi yang dikarang oleh santri untuk kiainya pastinya berbeda dengan puisi-puisi biasanya,” ucap Imam Ma’ruf mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam semester 3.

Senada Imam, Afifian mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Semester 3 mengatakan dia merasa senang, dia mengatakan mendapatkan pengetahuan baru tentang kesastraan. "Saya senang dengan adanya acara ini karena saya lebih mengetahui perbedaan antara puisi biasa dengan puisi yang isinya kekaguman santri terhadap kiainya," ucapnya. (shal)

No comments:

Post a Comment