Peringati Haflah Miladiyah ke 21, Prodi Kependidikan Islam Gelar Lomba Orasi Ilmiah - Araaita.com

Breaking News

Wednesday, 29 November 2017

Peringati Haflah Miladiyah ke 21, Prodi Kependidikan Islam Gelar Lomba Orasi Ilmiah

doc. Istimewa


Araaita.com – Dalam rangka memperingati Haflah Miladiyah ke 21 program studi Kependidikan Islam (KI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengadakan lomba orasi ilmiah yang diadakan di ruang sidang lantai 3 gedung rektorat lama UINSA pada (27/11).

Lomba orasi ilmiah tingkat nasional ini mengangkat tema Suara Mahasiswa: “Resolusi Pendidilan Nasional Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Tema ini diangkat dengan harapan nantinya mahasiswa bisa memiliki argumentasi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Agar mahasiswa mengetahui peranannya, terlebih dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sebagaimana suara-suara mahasiswa ini nantinya bisa didengar oleh menteri pendidikan bahkan presiden sekalipun. Dan juga bisa mendatangkan solusi terhadap masalah pendidikan,” kata Abdul Malik selaku ketua panitia lomba orasi ilmiah nasional itu.

Lomba yang diadakan pada pukul 09.00 hingga 15.00 ini turut dihadiri oleh peserta dari sejumlah universitas seperti Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas di Jember, Universitas Islam Negeri Maliki di Malang, dan sebagainya.

Dari banyaknya peserta lomba orasi yang mendaftar, hanya ada 15 peserta yang turut memeriahkan lomba tersebut. “Banyak yang mengundurkan diri. Yang fix hanya 15 peserta. Setelah dikonfirmasi yang berhalangan hadir dikarenakan bersamaan dengan acara di kampusnya,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Malik tersebut.

Selain itu, Malik juga menjelaskan terkait mekanisme penilaian dari lomba orasi, mulai dari proses awal registrasi, menuju babak penyisihan hingga final untuk memperebutkan juara satu, dua dan tiga.
Adapun perolehan nilai dari lomba orasi ilmiah berdasarkan dari penilaian kecakapan penyampaian materi, kesesuaian dengan tema, mimik wajah saat orasi, dan begitu pun dengan intonasi suara.


Perebutan juara pertama lomba orasi ilmiah didapatkan oleh perwakilan UIN Maliki, perolehan juara kedua didapatkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UINSA, dan juara ketiga diberikan kepada UNESA. (Wrd)

No comments:

Post a Comment