Surabaya Membara; Masyarakat Bisa Melihat Kembali Peran Pelaku Sejarah - Araaita.com

Breaking News

Friday, 10 November 2017

Surabaya Membara; Masyarakat Bisa Melihat Kembali Peran Pelaku Sejarah

doc. Moh/Arta

Araaita.com - Kamis malam, tepatnya 9 November 2017, masyarakat Kota Surabaya tampak menyemut di depan Kantor Gubernur Jawa Timur yang berada di Jalan Pahlawan, Surabaya.

Mereka rela berjubel dan berusaha merangsek ke tengah bahu jalan demi menyaksikan drama kolosal perjuangan Arek-arek Suroboyo mengusir tentara sekutu dari Kota Surabaya.

Drama kolosal tersebut dipentaskan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada tahun ini dengan mengangkat lakon ‘Roeslan Abdul Gani’.

Seperti yang dipaparkan oleh Taufik ‘Monyong’ Hidayat, penggagas drama kolosal ‘Surabaya Membara’, bahwa acara yang bertajuk ‘Surabaya Membara’ itu mengangkat salah seorang tokoh kebangsaan, yakni Roeslan Abdul Gani.

“Temanya adalah mengangkat seorang ‘Roeslan Abdul Gani’, tokoh yang spektakuler di mata masyarakat, terutama masyarakat Surabaya,” paparnya.

Pada tahun ini, diangkatnya semua tokoh kebangsaan agar masyarakat bisa melihat kembali peran pelaku sejarah 10 November.

“Tahun ini memang sengaja mengangkat nama-nama tokoh kebangsaan yang membuat kami ini bagaimana negara untuk melihat kembali peran pelaku sejarah (10 November, red),” ujar Taufik.

Acara drama kolosal itu melibatkan sekitar 1200 pemain, 800 pemain diantaranya adalah pelajar dan sisanya diperankan oleh anggota TNI serta masyarakat.

Masyarakat yang berdatangan terlihat antusias menyaksikan drama kolosal berdurasi sekitar 90 menit, yang berlangsung sejak pukul 19.30 WIB hingga 21.00 WIB.

Saking antusiasnya, Tyas Yunia Wahyuning, mahasiswi UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya itu justru merasa kecewa lantaran telat tidak bisa menyaksikan langsung teatrikalnya, kendati dapat menikmati sisa-sisa momentumnya saja.

“Sepertinya sih seru, sayangnya saya telat ketika teatrikalnya,” ungkapnya. (Moh)

No comments:

Post a Comment