UINSA Terapkan Edu-Eco Campus - Araaita.com

Breaking News

Saturday, 18 November 2017

UINSA Terapkan Edu-Eco Campus


doc. Rurun/arta
Araaita.com - Gerimis hujan dan suasana mendung pada sore hari melancarkan acara UINSA menuju Edu Eco-Campus yang dilaksanakan di depan twin tower pada (16/11), antusias mahasiswa dari perwakilan seluruh fakultas hadir untuk bersama membangun UINSA sebagai  kampus hijau nan sejuk.

Tidak hanya mahasiswa, dosen, dekan dan para jajaran rektorat juga ikut andil dalam kegiatan penghijauan tersebut mereka semua serentak menggunakan baju berwarna hijau muda bertuliskan Edu-Eco Campus UIN Sunan Ampel Surabaya. Antusias tersebut terlihat saat sebelum penanaman dimulai yaitu pada acara pembukaan di gedung amphitheater twin tower lantai tiga.

Kegiatan ini pun tidak berdiri sendiri seperti penuturan rektor UINSA Abdul A’la saat diwawancarai oleh crew araaita.com  di twin tower lantai satu. 

“Kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Timur, Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dan Badan Pengelola Aliran Sungai Berantas,” tutur lelaki yang menjadi pemenang santri of the years bidang pendidikan tahun 2017.

A’la juga menambahkan bahwa penggagas kegiatan ini berawal dari tawaran komunitas mahasiswa peduli lingkungan dan badan kerjasama organisasi wanita. 

“Awalnya ditawari menanam pohon oleh komunitas peduli lingkungan, dan kami setuju,” imbuhnya.

Tanaman yang ditanam di UINSA diantaranya nangka, sawo kecek, sukun, tanjung, pule, mentega dan juwet. A’la mengungkapkan bahwa semua tanaman tersebut sudah dipersiapkan oleh Badan Pengelola Aliran Sungai Dan Hutan Lindung namun utuk penanamannya dari kita sendiri. 

“Teman-teman yang sudah faham di sini yang menanam, misalnya di depan apa yang bagus harus pohon mahoni jangan sukun atau jangan nangka,” ungkapnya.

Tidak hanya di UINSA penanaman pohon juga dilakukan di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk Guluk Sumenep, saat ditanya mengapa pondok tersebut menjadi pilihanya A’la menjelaskan bahwa kebetulan beliau alumni dan juga permintaan mendadak, hingga hanya terbayang Annuqoyah.

”Saya juga dari Annuqayah selain itu disana juga punya lahan agak luas, namun jika ada pesantren lain silahkan kami bisa memfasilitasi,” jelasnya.

Kegiatan ini sangat di respon positif oleh Aminatus mahasiswi prodi Hukum Ekonomi Syariah bahwasanya dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan bagaimana kita harus menjaga lingkungan kita. 

“Wawasan tentang menjaga lingkungan, pohon-pohon di sekitar kita karena mereka juga makhluk hidup,”  pungkas mahasiswi semester satu tersebut. (Rurun)


No comments:

Post a Comment