Ketika Tangisan Menjadi Air Mata Kebahagiaan - Araaita.com

Breaking News

Sunday, 17 December 2017

Ketika Tangisan Menjadi Air Mata Kebahagiaan


Untitled-1.jpg
Firli Fransisca*
Dingin nya udara hingga menusuk di tulangku,matahari yang mulai tampak dan embun yang membasahi dedaunan . orang berlalu lalang untuk melakukan aktivitas rutinnya itu .perkenalkan namaku Zia Nur  , aku duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Aku anak pertama dari dua bersaudara . adekku duduk dibangku Sekolah Dasar  yang bernama  Zulaika. Aku tinggal di tengah – tengah perbukitan di daerah

 Setiap pagi hari selasai sholat  dan sebelum berangkat ke sekolah subuh aku menyempatkan untuk membantu orang tuaku yang setiap pagi berjualan di pasar yang di dekat balai desa . orang tuaku berjualan sayur mayur.

Waktu menunjukkan pukul 06.00  WIB  aku berpamitan kepada kedua orang tuaku untuk  pulang kerumah untuk bersiap – siap  ke sekolah . Sekolah ku dengan rumah berjarak 10 KM  Jadi aku berangkat lebih awal. Aku berjalan melewati bukit dan sungai yang arus nya cukup deras. Karena sekolah ku berada di atas bukit .  Pada saat sampai di sekolah bel pun berbunyi  aku mengikuti pelajaran dengan baik. Dan tak terasa bel menunjukkan tanda pulang aku pun segera berlari sekencang mungkin untuk menuju di belakang sekolah untuk menemui adekku Zulaika , dari kejauhan tampak adekku sedang menunggu ku dengan wajah terburuh – buruh.

“ Ini dek sepatu dan tas nya , cepat kamu pakai sepatunya  dan  kakak memasukkan buku mu ke dalam tas ya dek “

Setelah memakai sepatu dan membawa tas yang ku berikan tadi adekku langsung segera berlari dan kebutulan sekolah adekku  bersebelah dengan  sekolah ku.aku pun segera menuju kepasar untuk membantu orang tua ku .

“ibu , bapak pulang saja untuk ber istirahat , biar Zia yang yang bejualan “

 dan ibu dan bapakku pulang untuk ber istirahat aku tak tega melihat mereka berdua tampak letih sekali karena seharian mencari makan untuk keluagrga. Aku tak pernah minta apapun dari mereka ,aku bersekolah , mendapat kasih sayang keluarga, memiliki tempat yang layak untuk berteduh  dan makan pun aku sudah lebih dari cukup . meskipun sepatu dan tas pun bergantian dengan adekku karena uang hasil jualan untuk makan sehari – hari dan untuk membayar sekolah aku dan adekku. Dan aku mempunyai keinginan untuk mengharumkan nama bangsa , menjadikan orang tua ku  dan orang di sekitarku bangga. Aku ingin menjadi seorang atlet yang membawa nama bangsa Indonesia. Sesuai hobby ku aku ingin menjadi atlet voly putri. Aku berdoa kepada Allah agar semua cita – cita ku tercapai.

Pagi ini jadwal pelajaran praktek olahraga yaitu voly kesukaan ku. Kami di bagi menjadi 2 kelompok untuk menjadi lawan main. Dengan senang nya aku berada di posisi paling tengah. Dan permainan berakhir dengan skor 5-4 yaitu tim ku yang menang. Dan seluruh temanku menuju ke kelas untuk mengikuti pelajaran selanjutnya. Bel menujukkan jam pulang seluruh siswa – siswi segerah meninggal kan kelas dan menuju ke rumah masing – masing aku pun berlari sekencang mungkin aku takut adekku terlambat lagi. Kasian dia , dia selalu di marahi oleh guru karena telat. Tiba – tiba aku terjatuh kerana tersandung batu ternyata sepatu sobek. Aku pun panic aku segera mencopot sepatuku dan berlari menuju adekku .

“ dek maaf sepatunya sobek , kamu pakai aja sementara ya dek. Nanti kalau adek udah pulang kakak lem aja  dan ini tasnya cepat adek berangkat ya”

“ iya , mbak . aku berangkat dulu  ya mbak assalamualaikum”

“waalaikumsalam adek hati – hati ya “

Setelah beberapa jam adekku pun pulang “assalamualikum mbak “

“waalaikumsalam dek , udah pulang kamu dek “

“iya mbak , sudah . mbak sepatunya tambah jembol “ sambil menujukkan sepatunya di hadapan ku” yaudah kita lem sekarang aja , ibu sama bapak jangan sampai tau , kasian mereka ngga punya uang . adek mandi dulu lalu sholat setelah itu langsung makan mbak udah nyiapin makanan di dapur dek “

Semakin hari semakin dekat hari ujian nasional . aku ingin bersungguh – sungguh untuk belajar karena aku ber keinginan untuk SMA favorit di kota Nganjuk. Ujian Nasional pun akhir nya datang rasa deg- degan dan campur aduk persaan. Ujian Nasional berlangsung selama 4 hari . tinggal menunggu pengumuman nilai . aku ingin masuk SMA keinginanku .

Setelah beberapa lama menunggu hasil ujian, aku segera melihat di papan di depan ruang kepala sekolah . Dengan rasa terharu bercampur senang pun kini sedang menerpaku aku mendapat nilai tertinggi di sekolah sunggu rezeki yang laur biasa Terima kasih Yaallah engkau mendengarkan dan mengabulkan doa ku . saat itu juga aku mencoba mendaftar di sekolah keinginanku.

Rasa tak sabar menunggu pengumuman dari SMA itu.. semoga aku bisa masuk ke SMA itu. Tiba – tiba , aku tersentak dengan suara temanku dari kejauhan  dia memeberi kabar bahwa aku masuk di SMA itu , seketika itu p’un aku bersujud syukur dan menangis . ibu dan bapakku merangkul ku hingga menangis sungguh nikmat yang tak ternilai harga nya Terima Kasih Yaallah.

Hari pertama sekolah, aku merasa sangat senang sekali , rasanya masih seperti mimpi . aku bisa bersekolah di sekolah keinginanku. Setelah beberapa hari kakak  seniorku menawarkan ekskul – ekskul yang ada disana berbagai macam ekskul . dan aku tertarik pada satu ekskul yaitu voli putri  sesuai hobby ku bermain volley . aku sering ikut latihan dan macam berlombaan. Di suatu ketika aku sedang berlatih voly untuk perlombaan tingkat kecamatan, tiba – tiba sepatu ku jebol  dan aku pulang dengan rasa sedih

“ mbak kenapa kok murung gitu mbak “ kata adekku sambil memperhatikan wahaj ku

“ini dek sepatunya jebol lagi , padahal mau ada lomba voly tingkat kecamatan, mbak mewakili sekolah  

Tiba – tiba adek ku pun membuka lemari dan mengeluarkan celengan .

“mbak ini ambil , ini tabungan ku cukup untuk sepasang sepatu mbak ,”

“ ini beneran dek , kamu serius “ kataku dengan rasa terkejut

Aku pun langsung memeluk dan mengis “ terima kasih dek , mbak sayang sama kamu “

Akhirnya aku segera ke pasar untuk membeli sepatu , karena pertandingan pada besok pagi .

    Pertandingan pun dimualai, permainan berlangsung sangat tegang sekali . dan aku berusaha untuk memenangkan pertandingan ini .pertandingan pun ber akhir skor 10-9 dan yang menang adalah sekolah ku . aku dan teman – teman ku pun bersujud syukur . dan pak camat mendekatiku dan bersalaman dengan ku sambil berkara “ sungguh hebat kau nak “ dan pak camat menyerahkan hadiah sebesar Rp.1000.000,- dan sebuah tropi yang kira – kira tinggi nya 1M sungguh tak di sangka. Dan aku berkeinginan membelikan sepatu untuk adekku. Sepulang dari pertandingan aku membelikan sepatu untuk adekku . dari kejauhan tampak adekku yang sedang berada di halaman rumah dan aku pun berlari menghampirinya .

“ ini sepatu untuk adek , mbak menang juara 1 voly “

Adekku pun memelukku dan ibu dan bapakku mendengar itu langsung keluar rumah dan memelukku . yaallah aku senang melihat keluargaku tersenyum lebar.semenjak itu aku selalu mengikuti lomba mewakili sekolah dan juara hingga tingkat nasional  . hingga akhirnya aku pun lulus sekolah. Setelah lulus sekolah aku mengikuti lomba- lomba voly putri.dan pada akhirnya aku mengikuti lomba mewakili bangsa Indonesia , sungguh tak disangka – sangka dulu adalah impianku kini menjadi kenyataan . Alhamdulillah rezeki terus menghampiriku . keinginanku juga terwujud untuk membelikan sawah dan rumah untuk orang tuaku . dan juga adekku mendapat bea siswa di fakultas  ternama di Jakarta .buah dari kesabaranku dan keluargaku kini berbuah manis. Aku menjadi seorang atlet dan banyak orang mengenalku dan adekku menjadi seorang  Dokter Specialis Bedah.  Kini aku mengabdi pada negaraku yaitu Bangsa Indonesia . dan juga kini aku merasa senang bisa membuat keluargaku dan orang di sekitarku bangga. Hasil dari kesabaran dan usahaku selama ini berbuah yang sangat manis.


Dicerita ini yang dapat kita ambil sebagai hikmah  adalah Setiap manusia selalu diuji oleh Allah SWT. Tentang kekuatan iman kita  . dan  kesabaraan adalah menjadi jaminan utama manusia jika mendapat ujian. Jika kita mampu bersabar suatu saat nanti kesabaran kita dapat berubah menjadi  kenikmatan yang tak disangka dan tak ternilai harganya




*BIODATA DIRI

Nama Lengkap                        :  Firli Fransisca

Jenis Kelamin                          : Perempuan
Tempat, Tanggal Lahir            : Surabaya,25 Juli 2001
Asal Sekolah                           : SMK Negeri 1 Surabaya
Jurusan                                    : Administrasi Perkantoran
No. Induk                               : 26871
Alamat                                    : Jl. Bendul Merisi Gang 8a/17 Surabaya
Alamat Email                          : Firlifransisca25@gmail.com
No. Handphone                      :085655138570


2 comments: