HIV/AIDS Itu Tidak Berbahaya! - Araaita.com

Breaking News

Wednesday, 20 December 2017

HIV/AIDS Itu Tidak Berbahaya!

doc. Anna/Arta
Araaita.com - Selama kurang lebih empat jam lamanya di Balai RW 10 kelurahan Kedungdoro sedang dilangsungkan acara Talkshow mengenai World HIV/AIDS Day dan Tes VCT gratis yang diselenggarakan oleh Standing Committe on Sexual and Reproductive Health inc. HIV/AIDS Center of Indonesian Medical Students' Activities (SCORA CIMSA) Universitas Airlangga, Minggu (17/12).

Penyuluhan ini menghadirkan beberapa narasumber, yakni Dr. Erwin Triyono  spesialis penyakit dalam, Dr. Nuke Novitasari perwakilan puskesmas Kedungdoro, Icha dan Febby, narasumber testimoni HIV/AIDS.

Dr. Erwin Triyono dalam talkshow perdana SCORA CIMSA ini, inginkan ubah mindset masyarakat terhadap HIV/AIDS yang selama ini mereka anggap berbahaya.

"HIV/AIDS ini virus bukan penyakit, dulu perspektif HIV/AIDS sulit disembuhkan namun sekarang sudah ada obatnya salah satunya arv," tuturnya saat berada di podium.

Ia juga menuturkan bahwa virus HIV/AIDS ini tergolong virus yang sukar untuk menular, dan hanya bisa tertular dengan tiga hal yakni cairan sperma, cairan vagina, dan darah.

"Karena itu, jauhi dua penyebabnya yakni berhubungan seks dan narkoba jarum suntik," tambahnya.

Saat ini, terdapat enam puskesmas di Surabaya yang memiliki klinik VCT dan IMS untuk mendeteksi HIV/AIDS.

"Salah satunya di Puskesmas Kedungdoro ini, dan gratis," ungkap Dr. Nuke Novitasari.

Icha, narasumber testimoni pun menuturkan bahwasanya ia dahulu pernah terjangkit virus tersebut namun dengan berbagai pengetahuan positif diterimanya maka ia berusaha dengan gigih untuk sembuh.

"Orang mengira kalau terkena HIV/AIDS akan meninggal, tidak. Sehat datang dari diri sendiri pula. Ubah mindset kalian, cari pengetahuan yang komprehensif dan tekankan bahwa HIV/AIDS bukan penyakit yang berbahaya," pungkas waria bermake up tersebut. (Ann)

No comments:

Post a Comment