Praktikum Retorika Modal Jadi Pendakwah - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 14 December 2017

Praktikum Retorika Modal Jadi Pendakwah

 
doc. Anna/Arta
Araaita.com - Selasa pagi (12/12), dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengadakan acara "KPI Cinta Rosul" di lobi dasar Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

KPI Cinta Rosul ini merupakan acara yang digelar oleh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam semester tiga yang juga sekaligus menjadi ujian praktikum mata kuliah Retorika.

Sholawat dari Qosfada dan Mahalul Qiyam dari perwakilan mahasiswa KPI menjadi pembuka acara yang menampilkan 15 da'i dan da'iyah terpilih.

Abdullah Sattar selaku dosen pengampu mata kuliah tersebut beralasan diadakannya ujian praktikum ini karena dirasa mahasiswa KPI semester tiga memiliki kompetensi untuk menjadi da'i maupun da'iyah kedepan.

"Jadi salah satu untuk memotivasi mereka agar banyak tampil di depan publik ya dengan mengadakan praktikum," katanya saat ditemui di ruangan dosen selepas acara berlangsung. 

Jika dibandingkan dengan penampilan di kelas dengan penampilan di depan audien KPI Cinta Rosul, Sattar panggilan akrabnya mengaku merasa jauh lebih baik ketika para da'i dan da'iyah pilihan berdakwah ketika berada di kelas.

"Mungkin karena rata-rata mereka memakai materi baru, padahal memakai materi lama asalkan bagus dan menarik pun tak mengapa," tuturnya.

Namun tetap, Sattar mengapresiasi para da'i dan da'iyah pilihan dan tak lupa ia berpesan bahwa dengan praktikum seperti ini sudah bisa jadi modal yang baik bagi yang berniat menjadi seorang pendakwah.

"Tantangan kedepan sangat besar. Dari segi retorika saya menganggap mereka sudah mumpuni dan tinggal modal materi yang tak kalah penting," ujarnya.

Dan yang paling penting pesan Sattar, yakni bagaimanapun sebagai seorang pendakwah haruslah gemar membaca, banyak menganalisis dan mengkoparasi. Agar nanti ketika berdakwah tidak terkesan jenuh dan monoton. (Ann)

No comments:

Post a Comment