Sang Tokoh Penoreh Tinta Sejarah - Araaita.com

Breaking News

Saturday, 23 December 2017

Sang Tokoh Penoreh Tinta Sejarah

doc. Mita/Arta
Sejarah mencatat kehidupan manusia modern sekarang tidak lepas dari tokoh-tokoh terdahulu yang sangat berarti bagi kelangsungan hidup manusia mendatang. Pengaruh mereka dalam ilmu pengetahuan, kegigihan, dan keberanian, serta pengaruh sosial mereka merupakan sumbangan terbesar dalam sejarah manusia, sehingga kita bisa mengenal mereka seperti Isaac Newton yang terkenal dengan teori hukum gravitasi, John Dalton seorang ahli kimia, Aristoteles seorang filsuf di zaman Yunani kuno, Thomas Edision yang nenemukan lampu pijar pertama kali serta Alexander Agung dan masih banyak lagi. Para tokoh ini sangat memberikan arti kehidupan bagi manusia kelak yang dapat mengubah arah dunia serta motivator bagi manusia untuk terus berinovasi dalam menciptakan pengetahuan dan karya ilmiah yang dapat mempermudah kehidupan manusia yang lebih kompleks.

Begitu banyak tokoh-tokoh yang sangat berpengaruh dalam sejarah manusia , hal itu menjadikan Micheal H. Hart mencoba untuk mengulas tinta sejarah mereka dalam sebuah buku yang diterjemahkan kedalam lebih dari 20 bahasa. Salah satunya bahasa Indonesia oleh Ken Ndaru dan M. Nurul Islam. Buku ini merupakan buku revisi dari sebelumnya sehingga terdapat penambahan dan pergeseran tokoh yang Hart pilih, sebab terdapat perubahan pengaruh seiring perubahan waktu. Micheal H. Hart memilih seratus tokoh yang dianggapnya sangat berpengaruh di dunia yang mampu merubah sejarah dunia, aksi tokoh yang sangat ambisius serta mampu memberikan sumbangan ilmu pengetahuan bagi manusia. Buku ini menjelaskan secara global riayat sang tokoh serta pengaruh dalam mengukir sejarah. Hart sangat teliti dan cermat dalam menentukan daftar tokoh deretan teratas. Meskipun seorang nonmuslim, Hart menempatkan Muhammad SAW diurutan pertama. Hal ini menyebabkan kontroversi di berbagai kalangan di tanah Eropa. Bagaimana mungkin dia menempatkan Muhammad diurutan pertama ?

Dalam menulis buku ini, Hart tidak memandangkan tokoh tersebut dari segi kecerdasan, kegigihan, ataupun keberanian. Akan tetapi Hart memilih dari segi seberapa tokoh tersebut sangat berpengaruh dalam kelangsungan kehidupan manusia. Hart memilih 10 tokoh pertama yang dianggapnyamemberikan sumbangsih terbesar dalam sejarah salah diantaranya Muhammad SAW, Yesus Kristus, Isaac Newton, dll.

Tidak hanya itu Micheal H. Hart juga memaparkan di akhir setiap tokoh dengan memaparkan mengapa dia menulis tokoh tersebut dan alasan di setiap deretan tingkat urutan, serta membandingkan antar tokoh untuk pantas berada di urutan teratas. Sehingga buku ini sangat akurat dalam penempatan tokoh pencapaian mengubah arah sejarah.

Buku ini sangat cocok digunakan untuk kalangan remaja maupun dewasa, ilmu yang diberikan oleh Micheal H. Hart sangat bagus bagi kita semua yang haus akan ilmu. Dalam menerjemahkan buku ini, penerjemah menggunakan bahasa yang sederhana sehingga sangat mudah dipahami, meskipun ada beberapa bahasa yang dinilai memiliki bahasa tinggi. Tetapi itu tidak mempengaruhi kualitas gaya bahasa yang ringan.

Dalam penerjemahan buku ini, penulis kurang bagus dalam merangkai kata-kata. Sehingga kurang mudah dimengerti.  Akan tetapi,  sebagai pembaca kita harus cukup kritis dan tidak menelan mentah-mentah ketika membaca buku ini karena dalam pembahasan mengenai Nabi Muhammad SAW. dia menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW  yang menulis Al-Qur’an.


Selamat menjadi pembaca yang kritis!


Resentator: Qurrotul Miftahul Jannah

No comments:

Post a Comment