Bangunan China Di Tengah Tebing Sudut Lamongan - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 25 January 2018

Bangunan China Di Tengah Tebing Sudut Lamongan

Dok. Isma / Arta
Araaita.com - Lamongan, Pelosok desa bukan berarti hanya ada hamparan sawah dan keasriannya. Kota Lamongan yang terkenal dengan Soto Lamongan ini, memiliki beberapa tempat-tempat wisata yang tak asing dan sering dikunjungi wisatawan. 

Seperti Wisata Bahari Lamongan (WBL), Gua Maharani dan wisata-wisata lainnya. Namun ternyata, Lamongan memiliki satu wisata yang belum banyak diketahui oleh para traveler, yang mungkin bisa menjadi referensi baru bagi para pemburu tempat wisata.

Namanya Gunung Mas. Objek wisata yang berada di Desa Tugu, Kecamatan Mantup, Lamongan ini patut untuk dikunjungi. Wisata Gunung Mas merupakan sebuah tempat wisata yang dikelilingi tebing di sekitarnya. 

Menurut salah satu pengunjung yang telah lima kali berkunjung di wisata Gunung Mas mengatakan, wisata ini dulunya dikenal dengan sebutan Juwakan Tugu dan belum dikenai biaya jika ingin berkunjung. “Dulu belum sebagus sekarang, dan masih gratis kalau mau kesini,” tutur Dinda (19).

Berbeda dari penuturan pengunjung yang sering mampir ke wisata Gunung Mas, Istiqomah, guru Taman Kanak-kanak (TK) Pucuk, Lamongan mengaku baru pertama kali mengunjungi wisata Gunung Mas atas usulan dari salah satu wali murid. 

Kesan pertama yang ia rasakan saat berkunjung ke wisata Gunung Mas ialah keadaan jalanan wisata Gunung Mas yang sedikit menanjak, berkapur dan dikelilingi tebing. “Ya, saya baru tahu tempat ini, cuma bingung saja kalau hujan jalanannya bagaimana,” kata Istiqomah.

Tempat yang dulunya pegunungan kapur, sekarang berubah menjadi wisata yang sering dikunjungi wisatawan, khususnya warga lokal. Tempat wisata milik Masrukhan Taufiq ini mengusung konsep pernak pernik China. Tepat di tengah-tengah wisata Gunung Mas, terdapat rumah yang menjadi pusat dimana pernak pernik China dipajang.

Bagi yang gemar berswafoto, wisata Gunung Mas cocok untuk dikunjungi. Tempat yang bisa dibilang instagramable ini memiliki banyak objek yang dapat dimanfaatkan untuk berswafoto seperti kolam ikan, patung, dermaga buatan, dan tulisan-tulisan baper ala kids jaman now. 

Di tanah seluas empat hektar ini, terdapat taman dan beberapa gardu untuk bersantai sambil menikmati makanan ringan dan minuman di dua kantin yang ada di sekitar area Gunung Mas. Tak hanya itu, wisata Gunung Mas juga memiliki tiga ayunan yang dapat dinikmati pengunjung.

Untuk menikmati keindahan wisata Gunung Mas tak perlu merogoh saku terlalu dalam. Cukup dengan membayar parkir sebesar 10 ribu untuk motor dan 20 ribu untuk mobil. Jalanan menuju ke wisata ini tidak membahayakan walau berada di antara tebing. Hanya saja,  ketika hujan jalanan licin karena tanah gunung kapur.

Wisata Gunung Mas buka setiap hari walau sekarang sedang ada perencanaan penambahan wahana dan banyak alat-alat berat. Wisata Gunung Mas ramai dikunjungi ketika akhir pekan dan liburan. Jadi, jika takut dengan suasana sepi tebing, lebih baik mampir saat akhir pekan dan liburan. (Nurul Isma Rahayu / Arta)

No comments:

Post a Comment