Ikamala Uinsa Adakan Soskamp untuk Sekolah Terpencil di Lamongan - Araaita.com

Breaking News

Friday, 12 January 2018

Ikamala Uinsa Adakan Soskamp untuk Sekolah Terpencil di Lamongan

doc. Ayuk/Arta

Araaita.com - Lamongan, Selama empat hari, tepatnya pada tanggal  8 hingga 11 Januari lalu, Organisasi Daerah Ikatan Mahasiswa Lamongan (IKAMALA) Uinsa baru saja melaksanakan program kerja mereka, Sosialisasi Kampus (Soskamp).

Sosialisasi yang dilaksanakan sejak tahun 2011 ini mengangkat tema 'melalui pendidikan menjadikan Lamongan lebih baik' dan bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang berbeda ditiap tahunnya.

"Sosialisasi yang kita laksanakan menyeluruh, setiap tahun kita memilih sekolah yang berbeda agar merata," jelas Abdur Rozak selaku ketua Ikamala saat ini

Sebanyak 50 orang dari anggota Ikamala dibagi menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok akan disebar ke 8 sekolah yang sudah ditentukan sebelumnya.

Minimnya minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, lantaran adanya pemahaman yang keliru akan dunia perkuliahan membuat Ikamala tergerak untuk mengadakan sosialisasi kampus.

Hal ini dimaksudkan untuk meluruskan pemahaman siswa agar mengerti betapa pentingnya pendidikan bagi generasi muda saat ini, terlebih untuk menunjang perekonomian keluarga.

"Mengingat masih rendahnya minat para siswa Lamongan untuk kuliah dengan alasan biaya, restu orang tua, dan lain sebagainya. Dengan pendidikan yang lebih tinggi juga akan mendapatkan pekerjaan yang lebih layak juga," ungkapnya.

Mahasiswa yang biasa di panggil Kazor ini mengatakan jika Ikamala memang sengaja memilih sekolah-sekolah terpencil yang siswanya minim minat untuk melanjutkan pendidikan ke janjang yang lebih tinggi dan memilih bekerja ataupun menikah.

"Kebanyakan dari mereka justru ingin bekerja ataupun menikah setelah lulus SMA, sehingga sangat perlu untuk diadakan soskamp di sekolah-sekolah terpencil," tutur mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam tersebut

Ia beranggapan jika sekolah-sekolah yang terpencil jarang sekali dilaksanakan sosialisasi kampus sehingga Ikamala merasa perlu mengadakan kunjungan agar disana tidak ada kesenjangan pengetahuan tentang perkuliahan

"Sekolah-sekolah besar itu sudah sering didatangi alumninya untuk expo kampus, beda dengan sekolah-sekolah yang kami datangi," celetuknya.

Setelah diadakanya sosialisasi kampus ini, Rozak berharap melalui pendidikan, generasi muda Lamongan semakin bekualitas dan menjadikan Lamongan lebih baik.

"Harapan kami para pemuda pemudi Lamongan semakin berpendidikan, mudah dalam mewujudkan mimpi dg pendidikan tingginya," ucapnya penuh harap. (Ayuk)

3 comments: