Melepas Penat Di Wisata Alam Sirah Kencong - Araaita.com

Breaking News

Tuesday, 23 January 2018

Melepas Penat Di Wisata Alam Sirah Kencong

Dok. Yosi / Arta
Araaita.com - Blitar, Liburan telah tiba, saatnya berburu tempat-tempat asik untuk melepas penat. Setelah lelah beraktivitas, badan dan pikiran harus diistirahatkan. Hari libur merupakan waktu yang pas untuk melepas beban aktivitas. 

Banyak sekali pilihan tempat berlibur yang dapat membuat pikiran kembali segar. Wisata alam merupakan pilihan berlibur yang sangat tepat. Selain udara yang segar, pemandangan yang indah juga dapat menghilangkan segala kepenatan.

Wisata Agro Perkebunan Teh dan Air Terjun Sirah Kencong, merupakan salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi. Sirah Kencong dikenal sebagai tempat wisata perkebunan teh yang sangat asri di wilayah Blitar. 

Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Blitar bagian timur, tepatnya di Desa Ngadirenggo kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Waktu tempuh dari pusat Kota Blitar kurang lebih 90 menit.

Perjalanan menuju kawasan wisata sirah kencong dapat ditempuh dengan mengendarai motor maupun mobil. Bagi kaum muda yang ingin menguji adrenaline, sangat disarankan untuk mengendarai motor. 

Karena tempat wisata ini terletak di daerah pegunungan, jalan menuju tempat ini menanjak dan cukup curam. Namun pengendara juga harus benar-benar profesional dalam berkendara. Selain itu kondisi kendaraan harus dalam kondisi baik, agar dapat sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Banyak rute yang dapat dilalui untuk menuju sirah kencong, traveler dapat menggunakan aplikasi maps sebagai penunjuk jalan. Selain itu traveler juga harus sering bertanya agar tidak salah jalan. Bertanya saat di jalan juga memungkinkan anda mendapat informasi jalan termudah menuju sirah kencong. Ingat! malu bertanya sesat di jalan.

Medan jalan yang panjang dan cukup sulit, akan membuat traveler sedikit lelah. Tapi setelah traveler sampai di Sirah Kencong, semua lelah akan sirna oleh keindahan alam yang memesona di ketinggian 1179 M di atas permukaan laut. Hamparan perkebunan teh yang hijau akan membius mata traveler, jadi siap-siap takjub.

Di tempat wisata ini tidak hanya perkebunan teh saja yang dapat membuat hati dan pikiran menjadi segar, tetapi juga ada air terjun sirah kencong. Untuk mencapai air terjun sirah kencong, traveler harus berjalan naik mendaki lereng pegunungan. 

Saat ini rute menuju air terjun sirah kencong sedang dalam masa perbaikan jadi, tidak menutup kemungkinan saat traveler mengunjungi tempat wisata ini nanti, akses menuju air terjun sirah kencong sudah bagus dan mudah.

Ada beberapa tips buat traveler yang mau berlibur ke wisata perkebunan teh Sirah Kencong. Pertama, perhatikanlah cuaca, disarankan untuk para traveler untuk berlibur ke Sirah Kencong di cuaca yang cerah, karena apabila dalam keadaan cuaca hujan, medan jalan akan licin dan akan membahayakan traveler apalagi jalanannya yang curam. Kedua, kalau berkendara gunakan kendaraan yang keadaannya baik (sudah diservis). Ketiga, jangan lupa bawa makanan agar di tempat tujuan tidak kelaparan.

Tempat wisata Sirah kencong ini, akan ramai pengunjung di hari-hari libur, sepeti hari minggu dan hari libur nasional dan di hari-hari kerja biasa akan sepi pengunjung. Nah, traveler bisa milih nih, mau suasana yang sepi supaya bisa menikmati area wisata seperti milik sendiri atau di hari libur dengan para pengunjung yang lainnya. (Yosi Meliawati / Arta)

No comments:

Post a Comment