Teluk Ijo, Surga Tersembunyi di Balik Batu - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 1 February 2018

Teluk Ijo, Surga Tersembunyi di Balik Batu


Dok. Istimewa
Araaita.com - Banyuwangi tidak hanya terkenal dengan hal-hal yang berbau mistis, tetapi juga terkenal akan budaya dan perkembangan pariwisatanya yang tengah diburu para wisatawan asing maupun lokal.

Selain Kawah Ijen yang sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan, Banyuwangi juga memiliki spot wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Teluk Ijo salah satunya, sebutan akrab masyarakat Banyuwangi untuk pantai yang terletak sekitar 90 KM dari pusat kota yang memiliki julukan "Sunrise of Java" tersebut.

Teluk Ijo memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Obie, wisatawan asal Kota Rogojampi ini mengaku tertarik dengan warna airnya yang hijau.

Selain itu ia juga mengaku tertarik dengan air terjun yang berada tepat di pojok patai.

Sembari menikmati keindahan pantai, dari pintu masuk, wisatawan dapat menjumpai air terjun ini dengan berjalan kaki sejauh 100 meter  ke arah barat.

"Pasir putih dan air lautnya yang hijau ditambah air terjunnya membuat saya tertarik untuk datang kesini," ungkap warga Rogojampi tersebut.

Dibalik keindahanya itu, pantai Teluk Ijo masih dibilang sepi dari pengunjung.

Akses jalan yang buruk menjadi alasan sebagian besar wisatawan. Selain itu wisatawan juga diharuskan melewati bukit dengan jalan kaki untuk menikmati indahnya pantai Teluk Ijo.

Yang lebih menarik lagi di tempat yang sama terdapat Pantai Batu.

Benar, pantai ini dinamakan batu karena pesisir pantainya bukan ditutupi pasir putih nan lembut, melainkan hampir seluruhnya ditutupi oleh bebatuan yang bersih.

Susunan bebatuan di Pantai Batu ini seperti sudah ditata secara rapi. Padahal, bebatuan tersebut tersusun secara alami.

Jarak antara Pantai Batu dan pantai Teluk Hijau tidak terlalu jauh, hanya sekitar 300 meter saja. Hanya saja keberadaan Teluk Hijau memang sangat tersembunyi. 

Bahkan sebelah Timur dan Barat pantai Teluk Hijau terdapat karang yang tinggi sehingga menyulitkan aksesnya jika dilalui dengan menyusuri pantai.

Akses yang biasanya dijadikan lorong menuju Pantai Teluk Hijau adalah hutan kecil di ujung jalan setapak Pantai Batu. (Hans)

No comments:

Post a Comment