Ini Kata Mahasiswi Bercadar Soal Keputusan Larangan Penggunaan Cadar Rektor UINSA - Araaita.com

Breaking News

Saturday, 10 March 2018

Ini Kata Mahasiswi Bercadar Soal Keputusan Larangan Penggunaan Cadar Rektor UINSA

Doc. Istimewa

Araaita.com - Isu panas mengenai pelarangan penggunaan cadar yang tengah ramai atas keputusan Yudian Wahyudi selaku Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UINSUKA) rupanya mengundang kontra banyak kalangan.

Pasalnya, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) pun ternyata memberlakukan peraturan yang sama sejak dua tahun kemarin. Dilansir dari suarasurabaya.net, Abdul A'la selaku Rektor UINSA mengaku, pelarangan penggunaan cadar di lingkungan kampus didasarkan pada proses komunikasi yang dirasa kurang efektif jika menggunakan cadar.

Kabar ini sontak menyulut beberapa reaksi mahasiswi bercadar UINSA. Salah satunya Hajar yang mengaku tidak setuju dengan keputusan pimpinan tertinggi dimana ia menimba ilmu saat ini.

Menurutnya, selama ini kendati dirinya memakai cadar, proses komunikasi dengan temannya tidak pernah terganggu.

"Saya tidak setuju keputusan bapak rektor yang melarang penggunaan cadar karena selama ini teman-teman saya tidak ada yang komplain dengan suara saya saat berkomunikasi maupun saat presentasi di depan kelas," ujarnya saat ditemui di Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada Kamis (8/3).

Ia juga menambahkan bahwa dirinya tidak merasa merugikan pihak lain dengan menggunakan cadar. "Saya tidak pernah merugikan orang lain dengan cadar saya, baik teman saya ataupun yang lain," tambah mahasiswi lulusan salah satu pondok di Lamongan itu.

Mahasiswa semester empat itu juga menyayangkan soal pelarangan penggunaan cadar di satu-satunya perguruan tinggi islam negeri di Surabaya itu. Pasalnya, saat pendaftaran penerimaan mahasiswa baru, Ayahnya sempat menanyakan mengenai penggunaan cadar di UINSA kepada pihak panitia pendaftaran.

"Saat daftar dulu, Ayah sudah sempat bertanya ke pihak panitia pendaftaran soal penggunaan cadar. Dan katanya diperbolehkan dengan alasan banyak mahasiswi yang bercadar di kawasan kampus," kenangnya.(cil)

No comments:

Post a Comment