Lagi, UINSA Gelar Mengaji Indonesia - Araaita.com

Breaking News

Tuesday, 6 March 2018

Lagi, UINSA Gelar Mengaji Indonesia

Dok. Dakwah TV
Araaita.com - Mengaji Indonesia yang berarti mengasah jati diri Indonesia merupakan kali kedua Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) kembali menyelenggarakannya. Dengan tema yang serupa, yaitu ‘Mengaji Indonesia, Islam Penebar Kedamaian’. Namun, untuk kali ini berbeda dengan sebelumnya. Dalam kesempatan ini, UINSA sekaligus melaunchingkan UINSA Halal Center (UHC) yang bertempat di halaman gedung twin tower.

Dalam acara tersebut banyak dibahas mengenai problem-problem yang menimpa Indonesia belakangan ini, seperti banyak tersebar berita bohong (hoax), sikap intoleran (extreme), dan perilaku kekerasan. Serta, bagaimana menghadapi problem yang rumit tersebut.

Pemerintah telah berupaya dan berusaha untuk mengatasi segala problema yang terjadi di Indonesia. Agama hanya sebagai sumber moral. Sebagaimana yang dikatakan oleh Abd. A’la bahwa agama hanya sebagai sumber moral dan pemicu atau alat.

“Jaga hatimu. Sebab, agama hanya sebagai pemicu atau alat untuk membedakan antara satu sama lain,” terangnya.

Rosiana Silalahi yang memang berlatar belakang non muslim mengatakan, dirinya menyadari bahwa selama menempuh perkuliahan di perguruan tinggi Universitas Indonesia (UI) tidak pernah diperlakukan berbeda walau dirinya merupakan minoritas. Bahkan, ia mengatakan dalam keluarganya juga tidak pernah usang untuk menghargai antar agama, misalnya dengan turut mendengarkan adzan bila berkumandang.

“Kita menyadari berbeda, tidak ada yang salah dari perbedaan. Selama kita saling menghargai dan menghormati. Boleh kita bersaing, boleh menang dengan tanpa merusak rumah kita” jelasnya.

Demikian, dengan Ahmad Mustofa Bisri menyampaikan bahwa indonesia adalah rumah kita yang harus dijaga dan dirawat.

“Indonesia sering kali terjadi konflik. Sebab Indonesia tanpa mengaji dalam artian kurang belajar,” pungkas Budayawan dan Guru Bangsa ini. (Ning/Arta)

No comments:

Post a Comment