Menangkan Santri Inspiratif Bidang Wirausaha, Dahlan Iskan Beberkan Pengalaman - Araaita.com

Breaking News

Monday, 29 October 2018

Menangkan Santri Inspiratif Bidang Wirausaha, Dahlan Iskan Beberkan Pengalaman

Dok.Arta/Han

Araaita.com - Dahlan Iskan dinobatkan sebagai 'Santri Inspiratif' di bidang entrepreneur oleh Islam Nusantara Center pada Senin (28/10) di Sport Center Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Pemilik Jawa Pos Group tersebut meraih 5.189 suara atau 44% dari total 11.804 suara, mengalahkan pendiri Uno Ice Cream Muhammad Ainul Wahib, dan juga Amridzal Jundi, pendiri dari AksaMedia Surabaya. (Sumber: jaringansantri.com)

Dalam pidatonya, pria kelahiran Magetan tersebut mengungkapkan bahwa 'Fokus' menjadi kunci utama dalam menggeluti dunia bisnis. Dahlan menganggap kebanyakan orang saat ini terlalu muluk-muluk dalam berwirausaha.

"Penyakitnya hanya dua; pertama, mereka membangun banyak bisnis secara bersamaan, kedua, mereka menginginkan cepat berhasil," ungkapnya.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menganalogikan 'fokus' dalam dunia bisnis layaknya tauhid. Menurutnya, dengan bertauhid, seseorang hanya akan  tertuju pada satu Tuhan, yaitu Allah Swt.

"Tauhid melembangkan keesaan, sedangkan keesaan sendiri melambangkan kefokusan," imbuhnya.

Tak hanya itu,  dalam acara 'Santri of The Year' tersebut, dahlan juga memaparkan beberapa pengalamannya. Salah satunya ketika ia menjadi seorang wartawan. Kala itu dahlan tak tergiur dengan bisnis apapun. Dahlan lebih memilih  untuk menekuni dunia jurnalistik selama kurang lebih lima tahun.

"Jangan melihat keadaan saya yang sekarang, lihat saya lima tahun pertama ketika saya jadi wartawan, dan
saya sangat fokus pada dunia itu," pungkasnya. (Chan/Ncu)

No comments:

Post a Comment