Menghindari Hoax, Abdul Halim: Ungkap 4 Tips Menulis - Araaita.com

Breaking News

Friday, 26 October 2018

Menghindari Hoax, Abdul Halim: Ungkap 4 Tips Menulis

Dok.Istimewa

Araaita.com - Abdul Halim selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) tepat Rabu, 24 oktober dalam sambutan workshop pengembangan kompetensi mahasiswa, yang digelar oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menyampaikan, jurnalis ataupun penulis tetaplah menyampaikan data dengan jujur dan benar, bertanggung jawab apa yang ditulis, menyampaikan dengan baik, dan jurnalis juga harus cerdas.

“Dalam menulis, seharusnya saat ini tetap berpegang teguh pada 4 hal, yaitu siddiq, amanah, tabligh, dan fathonah. Hal itu saya kira untuk menghindari terjadi hoax,” tuturnya.

Tak usai, Iswadi Syahputra Dosen UIN Sunan Kalijaga demikian menanggapi,  dengan cukup banyaknya berbagai platform media sosial hingga menimbulkan cukup banyak tersebar berita atau informasi bersifat hujatan dan fitnah.

“Sebab saya ketahui dan kebetulan melakukan penelitian tentang kenapa dapat terjadi berbagai macam bentuk ujaran di media sosial. Lalu, saya bertanya pada salah seorang tentang kapan dan dimana posisi saat mengshare informasi. Ada yang menjawab saat sebelum tidur,” ucapnya.

Menjadi seorang jurnalis yang unggul, profesional, dan berbeda begitu dibutuhkan di era millenial, dosen UIN Sunan Kalijaga dalam hal ini mengutarakan, jurnalis tersebut harus memperkuat tiga kompetensi dan terus menjadikan ketiga hal itu sebagai acuan jurnalis dalam setiap menulis berita. Tiga kompetensi yang dimaksud, yaitu basis nilai profetik, nilai etik, dan nilai praktik.

“Berita atau informasi yang mendamaikan bukan justru semakin membuat konflik, mencari data dan menyampaikan berita dengan tata cara yang baik atau sesuai dengan kode etik jurnalistik,” Pungkasnya. (Ning)

1 comment: