Jurnalis Kompas beri tips untuk menjadi Jurnalis Kompeten - Araaita.com

Breaking News

Saturday, 24 November 2018

Jurnalis Kompas beri tips untuk menjadi Jurnalis Kompeten

Dok.Arta/Dede

Araaita.com - Peserta dari berbagai Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-Surabaya menghadiri workshop di Aula Soetandyo Wignjosobroto Gedung C Kampus B Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (UNAIR). Acara ini diselenggarakan oleh LPM Retorika Fisip Unair, Sabtu (24/10) mulai pukul 08.30 WIB.

Workshop yang bertajuk "Improve Your Skill to be A Great Citizen Journalist" ini dilaksanakan untuk mengasah kemampuan jurnalis, khususnya wartawan kampus, untuk menjadi citizen journalist yang sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Ambrosius Harto M, Jurnalis Kompas, diundang menjadi salah satu pembicara di workshop tersebut. Dalam materi yang disampaikannya, Ia menjelaskan bagaimana menjadi wartawan yang kompeten di masa sekarang ini. Diantaranya yaitu seorang wartawan harus memiliki banyak karya, selalu berpatokan pada prinsip jurnalis, dan mematuhi etika yang telah terverifikasi. 

"Setiap ingin memberitakan, Kita sebagai wartawan harus cek dan ricek sampai kedalam sesuai kaidah jurnalistik," jelasnya.

Ia juga memberi tips agar menjadi wartawan yang kristis. Dalam melakukan sesuatu, harus dipikirkan dengan matang sebelum bertindak dengan tidak mengenyampingkan nasib.

"Saya menyebutnya 'OON'. Otak, Otot, dan Nasib," jelasnya diikuti riuh tepuk tangan peserta. (Dede/Dim)

No comments:

Post a Comment