Kemenag Kunjungi UINSA, Mahasiswa Siapkan Penolakan - Araaita.com

Breaking News

Friday, 9 November 2018

Kemenag Kunjungi UINSA, Mahasiswa Siapkan Penolakan

Dok.Arta/Hans


Araaita.com - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berencana menggelar aksi penolakan terhadap Kementerian Agama (Kemenag) yang akan mengisi acara Halaqah Kebangsaan di UINSA pada (9/11). 

Penolakan ini didasari atas tiga hal, diantaranya terkait tuntutan penurunan nominal Uang Kuliah Tunggal (UKT) , tidak adanya keterlibatan mahasiswa dalam penentuan Dana Penunjang Pendidikan (DPP), dan pengembalian sistem demokrasi dalam pemilihan rektor.

Yusril, salah satu mahasiswa yang juga terlibat dalam merancang aksi ini menganggap bahwa sistem UKT saat ini kurang ada kejelasan. Hal ini dilatar belakangi karena adanya perubahan nominal UKT pada tiap tahunnya.

"Payung hukumnya belum jelas, mulai dari tahun 2015 hingga sekarang nominalnya berubah-ubah, dan cenderung lebih tinggi tiap tahunnya," paparnya.

Tak hanyan Yusril, Afif selaku Ketua Dewan Ekselutif Mahasiswa (DEMA) UINSA juga turut andil dalam rencana aksi penolakan ini. Berkaitan dengan DPP, Afif menyayangkan ketidakterlibatan mahasiswa dalam penentuan DPP yang dikelola oleh badan kemahasiswaan.

"Oke, yang menentukan besaran DPP dari rektorat, cuma untuk plotting kita kan tidak dilibatkan," jelasnya. (Chan/Ncu)

No comments:

Post a Comment