Menteri Agama: Indonesia Tidak Luput Dari Doa - Araaita.com

Breaking News

Friday, 9 November 2018

Menteri Agama: Indonesia Tidak Luput Dari Doa

Dok.Arta/Hans


Araaita.com - Menteri  Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin menghadiri acara Halaqah Kebangsaan yang diadakan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pada Jumat, (09/11) di gedung Amphi Theater UINSA. 

Dalam pidatonya, Lukman Hakim merasa bangga memiliki Bangsa Indonesia karena nilai-nilai agama yang terkandung dalam setiap elemennya. Contoh kecil ia sampaikan ketika setiap terselenggaranya suatu acara di Indonesia, tak luput dengan adanya pembacaan doa pada setiap rangkaian acara. 

"Kalau ada acara di luar negeri ada doa dalam rangkaian acaranya, berarti panitianya orang Indonesia," candanya disambut tawa para peserta.

Dalam acara yang sekaligus menjadi penutup peringatan Hari Santri tersebut, Lukman juga menjelaskan bahwa saat ini realitas kehidupan akan semakin keras. Maka kehadiran agama dalam identitas kehidupan dirasa sangat perlu.

"Kan agama hadir untuk menjadikan manusia lebih baik," papar pria berkemeja putih itu.

Tak hanya itu, pria yang juga pernah menjabat sebagai wakil ketua MPR RI itu menerangkan bahwa dalam menjalani kehidupan, memahami agama tidak cukup hanya bersifat esensial, tapi juga harus bersifat substansial.

"Sekarang fenomenanya banyak orang yang rajin salat, tapi tetap saja korupsi," jelasnya.

Dalam sesi akhir pidatonya, Lukman berharap agar lembaga Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (PTKIN) dapat memberi konten dan metodologi yang pas dalam menghantarkan generasi muda untuk mengesensi dan mensubstansikan agama.

"Kami dari Kementerian Agama sedang menggarap serius bagaimana menciptakan kurikulum yang pas dan tepat," pungkasnya. (Chan/Dim)

No comments:

Post a Comment