Teater Q Gelar Pentas Bertajuk Canda Moral Manusia - Araaita.com

Breaking News

Thursday, 28 February 2019

Teater Q Gelar Pentas Bertajuk Canda Moral Manusia

Dok. Araaita

Araaita.com - Teater Q mempersembahkan pertunjukan terbaharunya pada rabu malam (27/02) di awal tahun 2019. Mengusung tema 'Berkarya Dengan Hati Berbudaya Dengan Seni,' pertunjukan kali ini digelar di Aula Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dalam rangka pementasan perdana anggota baru Teater Q angkatan 2018, yang dimana semua pemeran diperankan oleh anggota baru angkatan 2018.

Pementasan kemarin malam mengundang banyak pasang mata untuk berdatangan, mereka dipersilahkan secara gratis oleh panitia untuk menonton lalu menikmati setiap adegan yang disajikan. Menampilkan dua judul sekaligus, penonton dibawa kedalam alur cerita yang sudah diramu sedemikian rupa. Pementasan yang pertama berjudul ‘Sidang Susila’ karya Ayu Utami dan Agus Noor. Lalu yang kedua berjudul ‘Obrok Owok-Owok Ebreg Ewek-Ewek’ karya Danarto.

“Semua judul ber-genre komedi dan surialis,” papar Alvin Adzkia, selaku ketua panitia.

Penampilan yang pertama bercerita tentang seorang pedagang mainan anak yang dituduh sebagai pelaku tindak asusila oleh aparat hukum, padahal sebenarnya tidak demikian. Kasus dirinya pun disidangkan dalam meja hijau, adu argumen antara jaksa penuntut dan pembela pun dipertontonkan cukup sengit.

Ada beberapa sindiran yang coba ditampilkan, mulai dari memaparkan argumen yang dilebih-lebihkan, perlakuan tidak meng-enakan kepada terdakwa, hingga keluhan sakit yang dijadikan alasan penudaan sidang. Tetap dengan komedi yang coba ditampilkan, pesannya pun tak luput untuk ditanamkan kepada semua penonton.

“Pesannya dari berbagai sudut pandang, terserah penonton menangkap dari sudut pandang yang mana,” tambah Alvin.

Persiapannya sendiri menurut Alvin cukup matang, latihan digelar kurang lebih dari 3 bulan terhitung sejak bulan November 2018. Melibatkan sekitar 28 aktor dan aktris, juga 25 crew yang bertugas. Dengan terselenggaranya pementasan perdana ini, Alvin berharap mereka (red:angkatan 2018) tetap eksis dan tetap intens berada di sanggar teater Q untuk berkarya dan berbudaya.

Masfiya, salah satu penonton merasa terkesan dengan pementasan yang disuguhkan, menurutnya pentas kali ini bisa dijadikan ajang tolak ukur sampai dimana kemampuan ber-akting anggota baru Teater Q.

"Iya bagus, keliatan semuanya dipersiapkan secara matang," jelasnya

Alvin juga mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh penonton yang telah hadir dan meramaikan acara.

“Mungkin tanpa mereka acara ini tidak berjalan semeriah tadi,” tambahnya. (Zidny)

No comments:

Post a Comment